kumparan
1 Maret 2019 17:13

Rapor Barcelona di Bernabeu: Keangkeran Seabad Runtuh dalam Sedekade

Barcelona
Para pemain merayakan kemenangan di Santiago Bernabeu. Foto: Susana Vera/Reuters
Kemenangan Barcelona atas Real Madrid di leg kedua semifinal Copa del Rey, Kamis (28/2/2019) dini hari WIB lalu, menghadirkan banyak rapor positif buat kubu Blaugrana. Selain meloloskan diri ke partai final, Barcelona semakin mempercantik catatan mereka ketika bertandang ke Santiago Bernabeu.
ADVERTISEMENT
Dengan kemenangan 3-0 di laga itu, Barcelona tercatat sudah meraih 10 kemenangan dari 17 pertemuan di Bernabeu dalam 10 tahun terakhir. Rasionya berarti mencapai 58,8%. Kemenangan itu didapatkan Barcelona dari pelbagai ajang, di antaranya Liga Champions, La Liga, Copa del Rey, dan Piala Super Spanyol.
Barcelona bahkan sempat membuat 7 lawatannya ke Bernabeu tak berujung kekalahan. Dimulai pada pentas La Liga 2008/09, Barcelona menang 6-2, kemudian menang 2-0 semusim berselang di ajang serupa. Pada 2010/11, Barcelona ditahan imbang 1-1 di La Liga, tetapi mampu memenangi duel di Liga Champions dengan skor 2-0 di musim yang sama.
Tujuh lawatan beruntun tak terkalahkan Barcelona sah didapatkan saat menundukkan Madrid 2-1 di leg pertama perempat final Copa del Rey 2011/12. Selain itu, Lionel Messi dan kolega terbilang subur mencetak gol di Bernabeu karena dalam lima dari enam lawatan termutakhir, mereka bisa mencetak minimal tiga gol (4-3, 4-0, 3-2, 3-0, dan 3-0).
ADVERTISEMENT
Statistik ciamik dalam 10 tahun terakhir ini menjadi sebuah kemajuan bagi Barcelona. Pasalnya, hal serupa tak terjadi dalam duel El Calsico dalam kurun waktu 1902-2008. Madrid terbilang perkasa dan Bernabeu jadi tempat angker buat Barcelona ketika datang berkunjung.
Kurun serupa menghadirkan 102 pertandingan di Bernabeu dan Barcelona cuma berhasil menang 20 kali atau dengan persentase 19,6%. Situs resmi Barcelona bahkan menyebut euforia mereka lebih meriah ketika menang di markas Madrid pada era tersebut lantaran rekor tandang sebelumnya memang tak impresif.
Namun, Barcelona mengubah rekor kelam selama satu abad itu hanya dalam satu dekade. Kesempatan mereka melanjutkan tren apik di markas Madrid juga akan datang dekat-dekat ini. Ya, Los Cules dan Los Blancos bakal bersua di pekan ke-26 La Liga, Minggu (3/3) dini hari WIB.
ADVERTISEMENT
Barcelona
Gerard Pique memimpin rekan-rekannya di Barcelona merayakan kemenangan di Santiago Bernabeu. Foto: REUTERS/Susana Vera
Bek Barcelona, Gerard Pique, menyebut motivasi Barcelona berlipat jelang lawatannya kali ini karena tengah berjuang menjaga jarak dari kejaran sang rival di papan klasemen. Barcelona ada di peringkat pertama, unggul 9 angka atas Madrid di posisi tiga.
"Mungkin ada juga unsur keberuntungan sehingga kami bisa menang dengan skor cukup besar di markas mereka. Tapi, El Clasico nanti akan kembali sulit dan jarak Madrid tak jauh dari kami di klasemen. Kami tak boleh bersantai karena hasil sebelumnya tak bisa jadi jaminan buat laga selanjutnya," ucap Pique.
Bagaimana Barcelona? Siap memberikan dukacita untuk publik Bernabeu lagi?
Kondisi terkini Real Madrid dan Barcelona
Kondisi terkini Real Madrid dan Barcelona. Foto: Putri Sarah Arifira/kumparan
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan