kumparan
4 Desember 2018 4:28

Rengkuh Ballon d'Or 2018, Modric Hentikan Dominasi Ronaldo dan Messi

Luka Modric
Luka Modric raih penghargaan Ballon d'Or 2018. (Foto: REUTERS/Benoit Tessier)
Siapa yang bakal menyabet penghargaan Ballon d'Or 2018 akhirnya terjawab. Pada malam penganugerahan yang bertempat di The Grand Palais, Paris, Prancis, Selasa (4/12/2018) dini hari WIB, nama Luka Modric terpilih sebagai peraih Ballon d'Or 2018 yang dirilis oleh France Football.
ADVERTISEMENT
Dengan terpilihnya Modric, maka dominasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang secara bergantian memenangi penghargaan Ballon d'Or selama satu dekade ke belakang (2008-2017) akhirnya terputus.
Bagi Modric, penghargaan individu ini menjadi gelar Ballon d'Or pertama sepanjang kariernya dan tercatat sebagai pemain asal Kroasia pertama yang mampu menyabet penghargaan Ballon d'Or. Terasa lebih spesial karena gelar ini sekaligus melengkapi penghargaan individu sebelumnya, di mana Modric diganjar sebagai pemain terbaik dunia versi FIFA pada September lalu dan Bola Emas (pemain terbaik) di Piala Dunia 2018.
Menilik sepak terjang Modric selama satu musim ke belakang, penghargaan Ballon d'Or 2018 rasanya memang layak diberikan kepada pemain berusia 33 tahun itu. Di level klub bersama Real Madrid, Modric sukses mempersembahkan trofi Liga Champions 2017/18 --yang jadi gelar ke-13 El Real dan gelar keempat Modric di kompetisi antarklub tertinggi Eropa itu.
ADVERTISEMENT
Pendarnya tak meredup ketika memimpin Timnas Kroasia di Piala Dunia 2018. Kendati kalah 2-4 dari Prancis di partai final, raihan runner-up di Rusia tersebut menjadi sejarah baru buat Kroasia di pentas Piala Dunia karena prestasi terbaik sebelumnya adalah posisi tiga di edisi 1998. Selama gelaran Piala Dunia 2018, Modric mampu mencetak 2 gol dan 1 assist serta tercatat menjadi pemain dengan menit bermain terbanyak (694 menit).
Adapun, Ronaldo sendiri menempati urutan kedua dan Messi kelima --yang jadi kali pertama buat Messi berada di luar tiga besar dalam 11 tahun terakhir penghargaan Ballon d'Or. Pun dengan Neymar yang untuk pertama kalinya sejak 2012, berada di luar 10 besar karena menempati urutan ke-12.
ADVERTISEMENT
Berikut adalah peringkat 10 besar nominasi Ballon d'Or 2018:
1. Luka Modric (Real Madrid)
2. Cristiano Ronaldo (Juventus)
3. Antoine Griezmann (Ateltico Madrid)
4. Kylian Mbappe (Paris-Saint Germain)
5. Lionel Messi (Barcelona)
6. Mohamed Salah (Liverpool)
7. Raphael Varane (Real Madrid)
8. Eden Hazard (Chelsea)
9. Kevin De Bruyne (Manchester City)
10. Harry Kane (Tottenham Hotspur).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan