kumparan
24 Agustus 2019 4:54

Resmi: Bayern Muenchen Lepas Renato Sanches ke Lille

Renato Sanches
Renato Sanches di Swansea City. Foto: Reuters/Peter Cziborra
Pada akhirnya, memang tidak ada tempat untuk Renato Sanches di Bayern Muenchen. Pada Sabtu (24/8/2019) dini hari WIB, Die Roten resmi melepas pemain asal Portugal itu ke klub Prancis, Lille.
ADVERTISEMENT
Sanches dibeli Lille dengan harga 25 juta euro. Kabar ini disampaikan secara resmi oleh Bayern melalui akun Twitter resminya. Dengan begini, pemain 22 tahun itu jadi rekrutan kesembilan Lille pada bursa transfer musim panas ini.
CEO Bayern, Karl-Heinz Rummenigge, mengatakan bahwa transfer ini merupakan permintaan dari Sanches yang ingin pindah ke klub di mana dia bisa bermain secara reguler.
"Kami memang tidak bisa memberinya jaminan di Bayern. Jam terbang sangat penting baginya karena dia ingin mengamankan satu tempat di skuat Portugal untuk Piala Eropa 2020," kata Rummenigge. "Aku ingin berterima kasih kepada Renato atas segala pencapaiannya dan mengharapkan yang terbaik baginya di masa depan."
Renato Sanches
Renato Sanches kini sudah nyetel di Bayern Muenchen. Foto: Reuters/Andreas Gebert
Sanches datang pertama kali ke Bayern pada 2016 dari Benfica menyusul penampilan cemerlang di Piala Eropa. Kala itu Bayern sukses memenangi pertarungan dengan sejumlah klub besar Eropa, termasuk Manchester United, untuk mendapatkan tanda tangan pemain kelahiran Amadora tersebut.
ADVERTISEMENT
Namun, hanya setahun kemudian, Sanches dibuang ke Swansea City dengan status pinjaman. Pasalnya, pemain yang dikenal dengan rambut gimbalnya itu kesulitan bersaing di tim utama Bayern. Dengan status pemenang Golden Boy Award, Sanches gagal mencetak satu pun gol atau assist dalam musim perdananya di Allianz Arena.
Di Swansea pun Sanches gagal bersinar. Cedera membuatnya hanya bisa tampil 15 kali sepanjang musim. Swansea bahkan akhirnya harus terdegradasi pada akhir musim 2017/18. Meski demikian, pada musim 2018/19, Sanches tetap diberi kesempatan untuk membuktikan diri di Bayern.
Namun, kesempatan dari pelatih Niko Kovac tetap gagal dimanfaatkan Sanches. Musim lalu pun dia cuma bermain sebagai starter sebanyak 5 kali di Bundesliga dan Liga Champions. Dari sana dia bisa menyumbangkan 1 gol dan 2 assist tetapi itu semua tidak cukup. Sanches pun akhirnya harus angkat kaki dari tanah Bavaria.
ADVERTISEMENT