kumparan
6 Juni 2018 15:31

Resmi, Persib dan Essien Bercerai

Michael Essien berpisah dengan Persib Bandung. (Foto: Dok. Persib Bandung.)
Semua pasti ada ujungnya. Begitu pula perjalanan Michael Essien bersama Persib Bandung.
ADVERTISEMENT
Rabu (6/6/2018), manajemen Persib mengumumkan perpisahan dengan eks gelandang Chelsea, Real Madrid, dan AC Milan tersebut. Tampil foto Essien dengan Direktur Utama PT PBB, Glenn Sugita.
Regulasi memang tidak menghendaki Persib untuk memainkan Essien. Selama putaran pertama, mereka sudah menurunkan empat pemain asing: Bojan Malisic, In Kyun-oh, Jonathan Bauman, dan Ezechiel N'Douassel.
Apabila ingin mempertahankan Essien, Persib tentu harus melepas salah satu pemain asing mengingat kuota empat pemain dari PT Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi. Itu tidak memungkinkan karena setiap pemain asing yang ada masih dibutuhkan pelatih Roberto Carlos Mario Gomez, bahkan beberapa di antaranya merupakan permintaan langsung sang juru taktik.
Michael Essien kala berlaga untuk Persib. (Foto: Sigid Kurniawan/ANTARA)
Oleh karenanya, menurut Glenn, keputusan Persib melepas Essien demi kepentingan bersama. Tentu tidak bijak terus menahan pemain dalam ikatan kontrak tanpa bisa menurunkannya di lapangan.
ADVERTISEMENT
"Kami sama-sama menghargai regulasi yang telah dibuat PT Liga Indonesia Baru. Essien juga sangat memahaminya. Intinya, kami berpisah baik-baik," kata Glenn seperti dilansir oleh situs resmi klub.
"Bukan hanya pengertian Essien dalam mengakhiri kerjasama ini. Lebih dari itu, kami, terutama saya, sangat berterima kasih dengan jasa-jasanya selama ini," tuturnya menambahkan.
Pemain Persib Michael Essien. (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
Essien sendiri merupakan pemicu aturan marquee player di kompetisi Liga 1 musim lalu. Predikat itu disandang sang gelandang berkat pengalamannya berseragam tim-tim besar Eropa dan membela Tim Nasional (Timnas) Ghana di Piala Dunia.
Pengalaman yang ditularkan Essien dalam satu tahun lebih kariernya di Tanah Air, bagi Glenn, merupakan pengalamann berharga buat rekan setim dan lawan.
"Dedikasi, loyalitas, keceriaannya, serta profesionalisme yang ditunjukkan Essien selama ini sangat kami apresiasi. Semoga para pemain Persib yang pernah bersamanya, dan para pemain di Go-Jek Liga 1 dapat mengambil pelajaran banyak dari keberadaan Essien selama ini," pungkas Glenn.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan