kumparan
11 Desember 2019 16:31

Rodri: Manchester City Kecewa Atas VAR di Premier League

VAR Premier League (potrait)
VAR Premier League Foto: Reuters/David Klein
Lagi-lagi Video Assistant Referee alias VAR di Premier League menjadi target kritik. Kali ini VAR mendapat kritik dari pemain tengah Manchester City, Rodrigo Hernandez.
ADVERTISEMENT
Rodri menyebut bahwa skuat The Citizens merasa kecewa atas VAR. Tapi, ia menambahkan kalau timnya tak bakal menjadikan VAR sebagai alasan atas kekalahan mereka.
"Kami tidak bisa mengomentari pekerjaan orang lain. Ada beberapa keputusan yang mengubah pertandingan dan VAR ada untuk memastikan keputusan yang diambil itu tepat. Jadi, kami tidak bakal menjadikan VAR sebagai alasan atas kekalahan yang terjadi," kata Rodri, dilansir Goal International.
Rodri (C)
Rodri mengalami cedera di laga vs Atalanta. Foto: AFP/Oli Scarff
Pernyataan ini datang setelah City kalah di Derbi Manchester terakhir. Pada laga itu, City merasakan dua keputusan soal tendangan penalti yang tidak menguntungkan buat mereka.
Kali pertama adalah saat wasit Anthony Taylor menghadiahi Manchester United dengan tendangan penalti setelah Marcus Rashford dilanggar di kotak terlarang. Keputusan itu datang setelah Taylor mengecek VAR.
ADVERTISEMENT
Adapun, yang kedua ketika Taylor memutuskan untuk tidak memberikan City hadiah tendangan penalti setelah Fred diduga melakukan handball di dalam kotak penalti United. Begitu juga dengan yang pertama, hal ini ia lakukan setelah menggunakan VAR.
"Kami sangat kecewa atas keputusan itu, tapi tidak ada gunanya kami terus membicarakan hal itu," papar Rodri. "Kami harus terus berjuang dan mengabaikan hal-hal semacam ini," tambah dia.
Derbi Manchester
Selebrasi gol Rashford ke gawang Manchester City Foto: REUTERS/Phil Noble
Sebelumnya, para anak asuh Pep Guardiola itu juga pernah merasakan keputusan tak menyenangkan berkaitan dengan VAR. Di laga krusial melawan Liverpool pada November lalu, City menganggap pihaknya layak mendapat dua hadiah tendangan penalti.
Namun, wasit di pertandingan itu memilih untuk tidak mengecek VAR dan tidak memberikan hadiah penalti bagi City. Akhirnya, pertandingan berakhir dengan kemenangan Liverpool dengan skor 3-1.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, performa VAR di Premier League dinilai sudah lumayan. Neil Swarbrick, bos VAR di badan wasit Inggris, menyebut performa Var sudah berada di nilai tujuh dari 10 dan bakal terus membaik.
Ada juga laporan The Guardian yang menyebut jumlah keputusan tepat di Premier League musim 2019/20 ini meningkat 10 persen dibanding musim lalu.
---
Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League. Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis! Ayo, buruan daftar di sini. Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan Mola TV, dan jersi original.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan