Bola & Sports
·
26 Juli 2020 11:21

Rumor Transfer: Lionel Messi Desak Barcelona Rekrut Marcelo Bielsa

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Rumor Transfer: Lionel Messi Desak Barcelona Rekrut Marcelo Bielsa (50505)
Marcelo Bielsa, pelatih Leeds United. Foto: Reuters/Paul Childs
Rumor beredar di Catalunya, Lionel Messi dikabarkan mendesak Barcelona untuk merekrut Marcelo Bielsa sebagai pelatih kepala. The Sun menjadi salah satu media yang mengabarkan rumor itu.
ADVERTISEMENT
Sejak Real Madrid dinobatkan sebagai juara Liga Spanyol 2019/20, muncul dugaan bahwa Quique Setien akan segera dipecat oleh Blaugrana. Sebab, sang suksesor Ernesto Valverde dianggap belum bisa mengembalikan kedigdayaan Barcelona.
Tadinya, nama Xavi Hernandez disebut-sebut akan menggantikan posisi Setien. Namun, pelatih Al-Sadd itu kini diberitakan positif terjangkit corona dan sepertinya itu bisa menghalangi 'mudiknya' ke El Barca.
Nah, di tengah situasi ini, muncul kabar Messi menginginkan pelatih yang satu kota kelahiran dengannya (Rosario, Argentina) itu melatihnya dan rekan-rekannya. La Pulga adalah sosok yang punya pengaruh kuat di Barcelona, sehingga bukan hal mustahil keinginannya bakal terwujud.
Rumor Transfer: Lionel Messi Desak Barcelona Rekrut Marcelo Bielsa (50506)
Lionel Messi, pemain Barcelona. Foto: REUTERS/Miguel Vidal

Marcelo Bielsa tak asing dengan Liga Spanyol

Asal tahu saja, Bielsa adalah sosok pelatih yang amat dikagumi oleh Pep Guardiola--salah satu pelatih tersukses Barcelona. Jika benar merapat ke Camp Nou, Bielsa berarti mengikuti jejak pengagum beratnya itu.
ADVERTISEMENT
Lalu, Bielsa pun tidak asing dengan atmosfer kompetisi sepak bola Spanyol. Dia pernah melatih Espanyol (1998) dan Athletic Bilbao (2011-2013). Prestasi terbaiknya adalah membawa klub yang disebut terakhir ke final Liga Europa dan Copa del Rey.
Nyaris tak ada trofi juara yang dimenanginya selama melatih di Eropa. Trofi juara Divisi Championship yang ia persembahkan untuk Leeds United adalah trofi juara perdananya di Benua Biru.
Walau begitu, kepiawaiannya dalam meracik taktik sangat layak untuk diakui. Karena terkesan taktiknya itu anti-mainstream, maka melekatlah julukan El Loco padanya.

Belum ada tawaran

Rumor Transfer: Lionel Messi Desak Barcelona Rekrut Marcelo Bielsa (50507)
Momen perayaan gelar juara Leeds United asuhan Bielsa. Foto: LEE SMITH/REUTERS
Lebih lanjut, The Sun memaparkan belum ada kontak yang dilakukan oleh Barcelona untuk menggaet Bielsa. Namun tetap saja, harusnya, manajemen Leeds United segera mengambil tindakan, entah itu memperpanjang kontraknya atau mencari penggantinya.
ADVERTISEMENT
Leeds United akhirnya kembali ke Premier League setelah 16 tahun menanti. Mereka juga melengkapi suka citanya dengan menjuarai Divisi Championship. Ya, semua berkat 'sihir' Marcelo Bielsa.
---
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.