kumparan
8 November 2019 15:33

Sebelum Memilih Real Madrid, Rodrygo Pernah Ditawar Liverpool

Rodrygo (PTR)
Rodrygo merayakan gol di laga lawan Galatasaray. Foto: REUTERS/Sergio Perez
Pada Kamis (7/11/2019), Santiago Bernabeu berhasil mencetak bintang baru. Rodrygo da Silva Goes namanya. Tiga kali pemain asal Brasil itu menjebol gawang Galatasaray. Gol-gol yang menggenapkan kemenangan Real Madrid menjadi 6-0 pada matchday keempat gelaran Liga Champions tersebut.
ADVERTISEMENT
Menjadi spesial karena Rodrygo berhasil melakukannya saat umurnya baru menginjak 18 tahun 301 hari. Artinya, dia menjadi pemain termuda kedua yang sukses mengukir hat-trick di Liga Champions. Ya, di bawah striker legendaris Madrid, Raul Gonzalez, sebagai pemegang rekor di angka 18 tahun 113 hari.
Tak sampai di situ, hat-trick yang dibuat Rodrygo juga sempurna: Via kaki kanan, kaki kiri, dan sundulan kepala.
Rodrygo
Rodrygo merayakan golnya ke gawang Galatasaray. Foto: REUTERS/Susana Vera
Namun, siapa yang menyangka bila Rodrygo hampir saja bergabung dengan Liverpool. Hal itu dibocorkan Elano Blumer, pelatih Santos yang memberi Rodrygo debut. Akan tetapi, kepindahannya gagal karena tawaran The Reds dinilai terlalu rendah saat itu.
Liverpool menunjukkan minat besarnya untuk memboyongnya saat ia masih di tim junior. Mereka menginginkannya, akan tetapi angka penawaran mereka terlalu rendah," kata eks pemain Manchester City itu kepada ESPN.
ADVERTISEMENT
"Kemudian tawaran itu datang dari Real Madrid. Aku mengobrol dengan klub dan memberitahu anak itu bahwa itu adalah perjudian bagus."
Wajar, sih, kalau Liverpool melirik Rodrygo. Ia tampil ciamik bersama Santos di Liga Brasil edisi 2018 lewat sukses torehan 8 gol dan 3 assist.
"Dia sudah memiliki kemampuan luar biasa di usia muda. Dia sudah matang dan memiliki karakter dalam permainannya. Secara teknis dia berbakat dan bisa mengendalikan gerakannya dengan baik," lanjut Elano.
Pada 15 Juni Madrid meminangnya dengan harga 45 juta euro. Itu termasuk transaksi yang mahal untuk seorang remaja yang belum pernah mencicipi atmosfer Eropa dan merumput bersama tim nasional level senior.
Hebatnya, bisa dibilang Rodrygo justru jadi personel anyar Madrid tersukses sejauh ini. Koleksi 3 golnya di Liga Champions mengantarnya ke daftar topskorer Madrid.
ADVERTISEMENT
Rodrygo Goes
Rodrygo Goes merayakan gol Real Madrid ke gawang Osasuna. Foto: AFP/Oscar Del Pozo
Catatan Rodrygo di La Liga juga impresif: 2 gol dari durasi tampil yang cuma menyentuh angka 198 menit. Ini bahkan jauh lebih efektif ketimbang Eden Hazard yang baru memproduksi sebiji gol dari 447 menit bermain di La Liga.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan