Shin Tae-yong Segera ke Belanda, Fokus 2 Minggu Cari Pemain Keturunan RI

24 Februari 2024 15:22 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Shin Tae-yong saat Pertandingan antara Indonesia vs Libya di Turki, Selasa (2/1/2024). Foto: PSSI
zoom-in-whitePerbesar
Shin Tae-yong saat Pertandingan antara Indonesia vs Libya di Turki, Selasa (2/1/2024). Foto: PSSI
ADVERTISEMENT
Shin Tae-yong akan turun langsung mencari pemain keturunan Indonesia di Eropa. Pelatih asal Korea Selatan (Korsel) itu mengaku akan segera ke Belanda dan menghabiskan waktu 2 minggu di sana untuk mencari pemain potensial untuk Timnas Indonesia.
ADVERTISEMENT
Saat ini, kebanyakan memang para pemain keturunan dan naturalisasi di Timnas Indonesia berasal dari Belanda. Shin Tae-yong akan melihat dan memantau sendiri potensi yang ada di 'Negeri Kincir Angin'.
"Terkait masalah naturalisasi, saya juga akan mencari [sendiri] pemain yang berdarah Indonesia. Saya pikir ada pemain yang lebih baik,” kata Shin kepada media Korsel, Best Eleven.
“Saya berencana untuk segera berangkat ke Belanda dan tinggal selama sekitar dua minggu di sana untuk mencari pemain berdarah keturunan. Ini bukan pemain-pemain non-keturunan, tapi pemain-pemain yang berdarah Indonesia. Pemain-pemain ini perlu kami manfaatkan dengan lebih aktif,” tambahnya.
Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Rafael Struick usai Timnas Indonesia vs Jepang dalam laga Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024). Foto: Giuseppe CACACE / AFP
Sandy Walsh, Rafael Struick, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Marc Klok adalah pemain berdarah Belanda yang mengisi skuad Timnas Indonesia di Piala Asia lalu. Sementara, Jay Idzes diharapkan sudah bisa main di Kualifikasi Piala Dunia 2026.
ADVERTISEMENT
Terdekat, Timnas Indonesia akan dua kali melawan Vietnam dalam ajang tersebut, yakni pada 21 Maret di GBK dan 26 Maret di Hanoi. 'Garuda' diyakini masih butuh suntikan pemain keturunan.
Saat ini masih ada setidaknya 4 pemain yang 'mengantre' untuk segera dinaturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia. Ada Nathan Tjoe-A-On yang tinggal menjalani sumpah WNI, lalu ada 3 nama yang dikejar untuk bisa segera menjadi WNI pada Maret ini yakni Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Maarten Paes.