Bola & Sports
·
6 Agustus 2020 16:26

Stadion GBT Akan Siap 90 Persen saat Kunjungan FIFA

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Stadion GBT Akan Siap 90 Persen saat Kunjungan FIFA (75341)
Jelang bidding venue piala dunia U-20 tahun 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bakal merenovasi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) awal tahun 2020. Foto: Dok. Istimewa
Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) di Surabaya menjadi salah satu lokasi gelaran Piala Dunia U-20. Dari situ, FIFA berencana melakukan kunjungan untuk memeriksa kesiapan Stadion GBT pada September 2020.
ADVERTISEMENT
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, mengungkap bahwa saat ini Stadion GBT masih berbenah untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U-20. Tetapi, ia menjanjikan Stadion GBT siap 90 persen saat FIFA datang berkunjung.
"Stadion utama (GBT) Insya Allah sudah siap. Nanti ada kunjungan FIFA pada September. Mungkin sekitar 90 persen sudah siap," kata Risma dalam konferensi pers Persiapan Surabaya untuk Piala Dunia U-20 2021 di Jakarta, Kamis (6/8).
Stadion GBT Akan Siap 90 Persen saat Kunjungan FIFA (75342)
Dispora Kota Surabaya menggelar inventarisasi dan mendata kerusakan fasilitas di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Rabu (30/10/2019). Foto: Yuana Fatwalloh/kumparan
Risma menjelaskan bahwa persiapan Stadion GBT menjadi venue Piala Dunia U-20 terhambat pandemi COVID-19. Meski begitu, lanjutnya, proses renovasi coba dikebutnya dengan saat ini sudah mengganti lampu, rumput, bench pemain, dan papan skor sesuai dengan standar FIFA.
Selain itu, Risma mengatakan bahwa akses menuju Stadion GBT juga telah ditambah. Ada sejumlah jalan baru yang sedang dalam pembangunan dan akan selesai semua paling lambat Januari atau Maret tahun depan.
ADVERTISEMENT
"Untuk akses stadion, yang sudah ada kami lebarkan, sekarang mungkin udah hampir 90 persen. Tetapi, kami juga membuat jalan baru dari arah jalan tol," ujar Risma sambil menunjukkan peta pembangunan.
"Ini juga sudah hampir selesai, jadi tinggal yang dibuat Pelindo tinggal kurang lebih mungkin 400 meter. itu Insya Allah (selesai) sekitar Januari atau Maret."
Stadion GBT Akan Siap 90 Persen saat Kunjungan FIFA (75343)
Menpora Zainudin Amali bertemu dengan Walikota Surabaya Tri Rismaharini membahas tuan rumah Piala Dunia U-20 di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta. Foto: Kemenpora
"Kalau ini semua jadi, itu bisa kita punya akses ke Stadion GBT melalui empat akses. Dari timur utara, dari timur selatan, kemudian dari barat selatan, dari barat ke utara," pungkasnya.
****
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.