kumparan
18 Oktober 2018 22:51

Striker Timnas U-19 Belum Cetak Gol, Indra Sjafri Tak Risau

Timnas U-19
Striker Timnas U-19, Rafli Mursalim (9), berlaga saat melawan Taiwan U-19 dalam Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (18/10). (Foto: Dok. AFC)
Timnas U-19 Indonesia memulai perjalaman mereka di Piala Asia U-19 2018 dengan hasil sempurna. Bersua Taiwan U-19 di laga perdana Grup A di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (18/10/2018) malam WIB, skuat 'Garuda Nusantara' menang dengan skor 3-1.
ADVERTISEMENT
Meski menang, ada beberapa persoalan yang ditemui pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri. Salah satunya menyoal tak adanya striker Timnas U-19 yang mencetak gol pada laga kali ini. Gol-gol kemenangan kali ini justru datang dari lini kedua yakni dari Egy Maulana Vikri dan dua gol Witan Sulaeman.
Namun, Indra memiliki argumen menyoal melempemnya para juru gedor Timnas U-19. Menurutnya, para pemain depan sudah menjalankan instruksi dengan baik.
"Soal pemain depan, persoalan ini tidak hanya ditemui di Timnas U-19 saja, ya. Bagi saya pemain depan tak hanya urusan mencetak gol saja, tetapi bagaimana dia membuka ruang bagi teman-temannya untuk mencetak gol dan itu sama nilainya," kata Indra selepas laga.
"Ada dua pemain depan yang kami daftarkan di Piala Asia ini yakni M. Rafli (Mursalim) dan Hanis (Saghara Putra) dan saya meyakini mereka akan lebih baik lagi dari hari ke hari," lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Sebelum Piala Asia U-19 bergulir, persoalan lini depan menjadi masalah yang paling di sorot. Saat laga PSSI Anniversary Cup U-19 lalu, misalnya. Saat menghadapi Thailand U-19 yang berakhir dengan skor 2-2, gol lahir dari Witan Sulaeman dan Lutfi Kamal. Sementara, saat menghadapi China, Timnas U-19 kalah dengan skor 0-3.
Indonesia U19 vs Chinese Taipe U19 di AFC U-19 Championship, Gelora Bung Karno
Pertandingan Indonesia U19 vs Chinese Taipe U19 di AFC U-19 Championship di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)
Setelah turnamen segitiga itu, dua laga uji tanding kembali digelar. Saat menghadapi Arab Saudi U-19 dan Yordania U-19, lagi-lagi tak ada pemain depan yang mencetak gol.
Ketika melawan Arab Saudi yang berakhir dengan kekalahan 1-2, gol Timnas U-19 lahir dari kaki Rafli Mursalim. Sedangkan, saat menang 3-2 dari Yordania, tiga gol lahir dari kaki Firzha Andika dua kali dan satu gol dari bunuh diri.
ADVERTISEMENT
"Termasuk Rafli yang bermain pada malam ini, dia tidak jelek permainannya. Menurut saya ada progresnya dari hari ke hari," ucap Indra.
Pada laga selanjutnya, Timnas U-19 akan menghadapi Qatar U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Minggu (21/10) mendatang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan