kumparan
search-gray
Bola & Sports2 Agustus 2020 12:19

Tak Cuma Pep Guardiola, Mikel Arteta Punya 1 Guru Lain: Lorenzo Buenaventura

Konten Redaksi kumparan
Tak Cuma Pep Guardiola, Mikel Arteta Punya 1 Guru Lain: Lorenzo Buenaventura (372258)
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta. Foto: Catherine Ivill/REUTERS
Usai membawa Arsenal menjuarai Piala FA 2019/20, Mikel Arteta menyebut-nyebut nama Pep Guardiola. Katanya, eks bosnya di Manchester City itu adalah figur kunci kesuksesannya dan Arteta betul-betul berterima kasih kepadanya.
ADVERTISEMENT
"Dia (Pep) adalah figur kunci dalam perkembanganku sebagai seorang pelatih. Dia berhak menerima rasa terima kasihku. Aku tak mungkin berada di sini tanpa dia. Aku betul-betul berterima kasih padanya," ujar Arteta, dilansir Goal International.
Namun sesungguhnya, enggak cuma Guardiola, lho, orang yang ia sebut sangat berjasa dalam kariernya. Nyatanya, si pelatih 38 tahun juga menyebut nama Lorenzo Buenaventura, pelatih kebugaran The Citizens.
Bagi Arteta, keduanya adalah duo mentor terbaiknya. Guardiola dan Buenaventura telah mengajarinya banyak hal.
Tak Cuma Pep Guardiola, Mikel Arteta Punya 1 Guru Lain: Lorenzo Buenaventura (372259)
Lorenzo Buenaventura. Foto: Alex Broadway/Getty Images
"Mereka selalu percaya pada saya dan selalu memberi saya peluang luar biasa untuk bekerja dengan keduanya," katanya, dilansir Sky Sports.
"Saya tahu, saya tidak akan duduk di sini, hari ini, jika tanpa mereka. Kami memiliki perjalanan yang luar biasa bersama [di Man City] dan mereka selalu memberi saya kesempatan untuk memutuskan masa depan saya," lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Boleh dibilang, jika Guardiola mengajarinya cara meracik taktik, Buenaventura membimbingnya cara untuk mengatur kebugaran pemain. Ya, percuma punya taktik ciamik dan pemain yang apik jika badai cedera menerpa.
Sekadar informasi, Buenaventura bisa dibilang adalah 'tangan kanan setia' Pep Guardiola. Pria kelahiran Sevilla itu sudah ikut si pelatih berdarah Catalunya sejak di Barcelona (2008-2012) dan Bayern Muenchen (2013-2016), hingga kini Manchester City.
---
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white