Bola & Sports
·
31 Januari 2020 13:59

Target PSSI: Timnas Senior Final AFF, Timnas U-19 Semifinal Piala Asia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Target PSSI: Timnas Senior Final AFF, Timnas U-19 Semifinal Piala Asia (25946)
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pada acara Member Development Program PSSI, Bali, Minggu (26/1/2020). Foto: Dok. PSSI
Hampir segala persiapan awal PSSI untuk Timnas Indonesia mulai rampung: Timnas Senior sudah memiliki pelatih kepala, Timnas U-19 telah mengadakan seleksi dan pemusatan latihan, serta hal-hal lain semacamnya.
ADVERTISEMENT
Kalau sudah begini, yang kemudian mereka lakukan adalah menetapkan target sepanjang 2020.
PSSI sendiri menyebut bahwa tahun ini Timnas terdiri dari delapan level. Timnas Senior tentu jadi yang utama. Lalu ada Timnas U-22, Timnas U-19, Timnas U-16, Timnas Senior Putri, Timnas U-19 Putri, Timnas U-16 Putri, dan Timnas Beach Soccer.
Target PSSI: Timnas Senior Final AFF, Timnas U-19 Semifinal Piala Asia (25947)
Pelatnas perdana Indonesia U-19 dihadiri Menpora Zainudin Amali dan Ketum PSSI, Mochammad Iriawan, Foto: Ferry Tri Adi Sasono/kumparan
Untuk Timnas Senior, akan ada dua agenda utama yang diikuti. Pertama adalah lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Well, kiprah Timnas memang sudah pasti terhenti. Namun, PSSI berharap tiga laga tersisa bisa diakhiri dengan positif.
Pasalnya, PSSI menargetkan agar Timnas Senior bisa menembus 150 besar peringkat FIFA pada 2020. Untuk meraihnya, tentu saja tak cuma mengandalkan tiga laga sisa kualifikasi. Timnas juga bakal melakoni enam laga FIFA Friendly Match.
ADVERTISEMENT
Nah, di pengujung tahun, Piala AFF akan digelar. PSSI menargetkan Timnas Senior mampu menjadi finalis ajang sepak bola se-Asia Tenggara tersebut.
Target PSSI: Timnas Senior Final AFF, Timnas U-19 Semifinal Piala Asia (25948)
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kanan) berbincang dengan asisten pelatih Indra Sjafri saat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti. Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Sementara itu, Timnas U-19 bakal beraksi di ajang Piala AFF dan Piala Asia. Mengingat seleksi dan pemusatan latihan sudah digelar sejak awal Januari, PSSI memang punya target tinggi untuk Bagas Kaffa dan kolega di dua ajang tersebut.
Di Piala AFF yang kelak bakal digelar di Indonesia, mereka mematok target finis sebagai juara. Adapun, PSSI berharap skuat 'Garuda Muda' mampu menembus babak semifinal Piala Asia di Uzbekistan.

Target PSSI untuk Timnas Indonesia pada 2020

Timnas Senior: Final Piala AFF, hasil positif di tiga laga sisa kualifikasi, 150 besar rangking FIFA
ADVERTISEMENT
Timnas U-22: Persiapan Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 dan SEA Games 2021
Timnas U-19: Juara Piala AFF, semifinal Piala Asia
Timnas U-16: Juara Piala AFF, perempat final Piala Asia
Timnas Senior Putri: Lolos penyisihan Piala AFF Women, peringkat ke-50 rangking FIFA
Timnas U-19 dan U-16 Putri: Hasil positif di Piala AFF Girls
Timnas Beach Soccer: Semifinal Piala AFF Beach Soccer