kumparan
Bola & Sports21 Februari 2020 19:42

Terpujilah Makan Konate, si Raja Turnamen Pramusim

Konten Redaksi kumparan
PTR-Persebaya vs Madura United
Gelang Persebaya, Makan Konate (kedua kanan) merayakan gol ke gawang Madura United. Foto: Dok. Media Persebaya
Kalau ada yang namanya raja pramusim, Makan Konate layak mendapatkannya. Terhitung sudah tiga piala tanda juara turnamen pramusim yang dia raih sejak kembali ke Indonesia pada 2018.
ADVERTISEMENT
Semua itu dia peroleh bersama tiga klub, tiga tahun, dan tiga turnamen berbeda. Yang pertama adalah Piala Gubernur Kaltim 2018. Waktu itu, Konate bermain untuk Sriwijaya FC.
Konate memulai perjalanannya di Grup B. Meski sempat kalah sekali 0-2 dari Persebaya Surabaya, dia tampil apik dan berhasil membawa Sriwijaya lolos ke semifinal.
Makan Konate, Persebaya, Piala Gubernur Jatim
Makan Konate berhasil mempersembahkan gelar juara Piala Gubernur Jatim untuk Persebaya. Foto: dok. Persebaya
Di semifinal, Sriwijaya berhadapan dengan Borneo FC. Mereka sebetulnya tertinggal 2-3 sampai menit ke-90 sehingga nyaris tersingkir. Namun, tiba-tiba saja Konate mencetak gol.
Laga pun berlanjut ke babak adu penalti. Di titik ini Sriwijaya menang 5-4 dan Konate jadi satu dari lima penendang Sriwijaya yang mampu menjalankan tugas mereka dengan sempurna.
Pada babak final, Sriwijaya berjumpa Arema FC. Konate tak mencetak gol, tetapi dia berperan penting sebagai kreator tim. Kemenangan 3-2 sekaligus gelar juara pun mereka raih.
Pemain Sriwijaya FC, Makan Konate
Pemain Sriwijaya FC, Makan Konate Foto: Pemain Sriwijaya FC, Makan Konate
Arema sendiri jadi klub yang dibela Konate berikutnya. Di masa ini, dia bertranformasi menjadi pencetak gol ulung. Empat gol dia cetak pada Piala Presiden 2019, yang salah satunya terjadi di babak final.
ADVERTISEMENT
Yang dia lawan, uniknya, adalah tim yang pada musim setelahnya dia bela. Ini pola yang persis sama saat dia menjuarai Piala Gubernur Kaltim bersama Sriwijaya dan melawan Arema di final.
Klub itu adalah Persebaya. Kamu tahu apa yang terjadi: Konate juga berhasil membawa Persebaya menjadi juara pramusim yang lagi-lagi punya nama berbeda, yakni Piala Gubernur Jatim 2020.
Torehan tersebut dia dapat setelah mengalahkan Persija Jakarta di babak final dengan skor 4-1. Berdasarkan pola sebelumnya, apakah Konate bakal bergabung dengan Persija musim depan? Eh.
Arema FC vs Persebaya Surabaya
Makan Konate coba melewati pemain lawan dalam laga Arema FC vs Persebaya di final Piala Presiden 2019. Foto: Ari Bowo Sucipto/Antara
Entahlah. Yang jelas, hasil yang dia raih bersama Persebaya kian menegaskan statusnya sebagai raja turnamen pramusim di Indonesia. Tiga tahun, tiga klub, tiga piala berbeda.
Oh, satu lagi, Konate juga sempat menjuarai Piala Presiden 2015 bersama Persib Bandung. Tapi, waktu itu Piala Presiden tajuknya turnamen pramusim atau turnamen pengisi kekosongan kompetisi, ya? Hmm...
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan