kumparan
Bola & Sports7 April 2020 20:11

Thomas Mueller: Tanda Tangan Kontrak pun Kudu Tetap Physical Distancing

Konten Redaksi kumparan
PTR, Thomas Mueller
Thomas Mueller beraksi di laga melawan RB Leipzig. Foto: AFP/Thomas Keinzle
Thomas Mueller tidak pernah memperlakukan ruang dengan sembarangan. Ia tidak pernah menyebut diri sebagai jenderal serangan atau ujung tombak.
ADVERTISEMENT
Ia melabeli diri sebagai raumdeuter alias penafsir ruang. Kualitas Mueller sebagai pemain berpangkal pada pemahamannya akan ruang.
Pandemi COVID-19 rasanya membuat bukan cuma Mueller yang menghargai ruang sedemikian rupa. Keharusan untuk mengisolasi diri, mengarantina mandiri, dan melakukan physical distancing alias menjaga jarak dengan orang lain merupakan cara efektif untuk menekan penyebaran virus corona.
Physical distancing itu pula yang tampak dalam momen perpanjangan kontrak Mueller bersama Bayern Muenchen pada Selasa (7/4/2020). Jika tidak diperpanjang, kerja sama Mueller dan Bayern akan berakhir pada Juni 2020.
Oke, coba ingat-ingat lagi apa yang biasanya tampak dalam pengumuman kontrak seorang pemain?
Thomas Mueller
Kontrak baru, hore! Foto: Christof STACHE / AFP
Yak, betul! Sesi foto. Biasanya foto yang muncul dalam momen ini, kalau tidak berpose sedang menandatangani dokumen, ya, memamerkan bagian belakang jersi yang menampilkan nama dan nomor punggung.
ADVERTISEMENT
Mueller pun melakukan mandatory poses tersebut. Meski demikian, ada yang tak biasa.
Mueller tampak memamerkan jersi dan diapit oleh Hasan Salihamidžić (Direktur Olahraga Bayern) dan Oliver Kahn (Direktur Eksekutif Bayern). Yang membikin beda adalah ketiganya mengambil posisi yang berjauhan.
Tentu saja ketiganya tidak sedang menjaga jarak secara konotatif. Ketiadaan 'pose sok akrab' yang saling berdekatan di sesi penandatanganan kontrak kali ini merupakan bentuk penerapan physical distancing di kalangan orang-orang Bayern.
Meski sesi fotonya harus berjarak, Mueller tetap senang, kok. Lagi pula, memperpanjang masa bakti bersama Bayern menjadi prioritas Mueller.
"Saya yakin kami akan bisa bermain lagi dan terus menjadi tim yang sukses. Bagi saya, prioritas utama adalah memperpanjang kontrak di FC Bayern dan pihak klub merasakan hal yang sama," tutur Mueller, dilansir laman resmi Bayern.
ADVERTISEMENT
Tak cuma di sesi penandatanganan kontrak. Bayern juga menerapkannya di sesi latihan pada Selasa (7/4). Ini merupakan latihan perdana setelah seluruh aktivitas disetop pada 13 Maret 2020 akibat merebaknya virus corona di Jerman.
Di seluruh sesi, para pemain mengaplikasikan jarak antara satu setengah hingga dua meter. Latihan tersebut dimulai dengan pemanasan, latihan taktik dngan tanpa adanya kontak fisik. Selain itu, Bayern menyeterilkan area sekitar tempat latihan dari penonton.
***
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!