Bola & Sports
·
23 September 2020 18:22

Timnas Belanda Pilih Frank de Boer Sebagai Pelatih dan Van Nistelrooy Asistennya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Timnas Belanda Pilih Frank de Boer Sebagai Pelatih dan Van Nistelrooy Asistennya (209921)
Pelatih baru Timnas Belanda, Frank de Boer. Foto: Reuters/Ed Sykes
Timnas Belanda dilaporkan telah memilih Frank de Boer sebagai pelatih baru. Pria berusia 50 tahun itu bakal menggantikan posisi Ronald Koeman dan dikontrak hingga tahun 2022.
ADVERTISEMENT
Menurut laporan De Telegraaf, federasi sepak bola Belanda, KNVB, telah melakukan pembicaraan dengan De Boer pada minggu lalu. Dan pada Senin, (21/9), kedua belah pihak pun telah mencapai kesepakatan.
De Boer rencananya akan diperkenalkan secara resmi pada akhir pekan ini atau awal pekan depan. Ia diproyeksikan akan memimpin Oranje –julukan Timnas Belanda– di ajang Piala Eropa 2020 dan kualifikasi Piala Dunia 2022.
Meski begitu, kinerja De Boer akan dievaluasi setelah Piala Eropa tahun depan. Apabila hasilnya bagus, ia tetap bisa melatih hingga Piala Dunia 2022, yang akan digelar akhir tahun.
Timnas Belanda Pilih Frank de Boer Sebagai Pelatih dan Van Nistelrooy Asistennya (209922)
Pemain timnas Italia Manuel Locatelli berusaha melewati pemain timnas Belanda pada pertandingan UEFA Nations League di stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Belanda. Foto: Piroschka Van De Wouw/REUTERS
De Boer akan menghadapi ujian perdananya di laga persahabatan kontra Meksiko pada Oktober mendatang. Setelah itu, ia akan membesut Timnas Belanda di ajang UEFA Nations League melawan Italia dan Bosnia-Herzegovina di bulan yang sama.
ADVERTISEMENT
Untuk menjalani tugasnya, De Boer tetap dibantu oleh para staf peninggalan Koeman seperti Dwight Lodeweges, Patrick Lodewijks, Maarten Stekelenburg.
Selain itu, ada tambahan staf baru yakni mantan striker Manchester United dan Real Madrid, Ruud van Nistelrooy.
Timnas Belanda Pilih Frank de Boer Sebagai Pelatih dan Van Nistelrooy Asistennya (209923)
Ruud Van Nistelrooy, penyerang tajam yang dulu pernah membela Manchester United. Foto: AFP
Laporan itu juga menyebutkan bahwa pada awalnya ada tiga kandidat yang dipertimbangkan oleh KNVB, yakni De Boer, Peter Bosz, dan Frank Rijkaard.
Akan tetapi, Bosz memilih bertahan dengan pekerjaannya saat ini bersama Bayer Leverkusen, sedangkan Rijkaard tak berminat melatih kembali setelah menyatakan pensiun sejak 2016. Sehingga, De Boer menjadi satu-satunya kandidat yang tersisa.
De Boer sendiri memiliki pengalaman melatih Ajax Amsterdam, Inter Milan, Crystal Palace, dan terakhir Atlanta United. Di awal karier kepelatihannya, ia juga sempat menjadi asisten pelatih Belanda, Bert van Marwijk, di Piala Dunia 2010.
ADVERTISEMENT
****
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.