kumparan
9 November 2018 1:12

Timnas Inggris: Pertama bagi Callum Wilson, Terakhir untuk Rooney

Bournemouth vs Manchester United
Callum Wilson dikawal oleh Chris Smalling dan Ander Herrera (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)
Pembicaraan skuat Timnas Inggris teranyar tak cuma menyoal kembalinya Wayne Rooney pasca gantung sepatu dari The Three Lions, tetapi juga pemanggilan pertama bagi Callum Wilson.
ADVERTISEMENT
Gareth Southgate sudah menetapkan 28 pemain Timnas Inggris untuk memainkan laga persahabatan lawan Amerika Serikat, Jumat (16/11/2018) dini hari WIB, plus matchday keempat Grup 4 UEFA Nations Leagus versus Kroasia, Minggu (18/11) malam WIB.
Pertandingan melawan Amerika Serikat dihelat sebagai bentuk penghormatan sekaligus perpisahan Rooney bersama Timnas Inggris. Wazza --sapaan Rooney-- memang memiliki tempat spesial di Timnas Inggris. Ia merupakan pengoleksi gol terbanyak sepanjang sejarah Timnas Inggris setelah mengemas 53 gol.
Selain tajam, eks pemain Manchester United itu memiliki aura pemimpin. Kata-kata yang ia lontarkan di ruang ganti maupun lapangan mampu membakar spirit rekan-rekannya. Dua hal itulah yang kemudian menjadi latar belakang mengapa Rooney pantas mendapatkan penghormatan.
ADVERTISEMENT
"Saya selalu mempertimbangkan masa depan dalam menentukan skuat Timnas Inggris, tetapi tak bisa ditampik bahwa kami mempunyai sejarah. Maka, saya pikir, semua pemain mesti menghormati kontribusi Rooney dan ia pun layak dilayani dengan baik lewat umpan-umpan yang apik," ucap Southgate dilansir BBC.
Jika Rooney dipanggil untuk mendapatkan penghormatan, tak demikian dengan Wilson. Striker Bournemouth ini diberi kesempatan untuk unjuk gigi bersama Timnas Inggris karena performa apiknya sepanjang Premier League musim 2018/19.
Pemain berusia 26 tahun itu tak cuma piawai menyarangkan bola ke dalam gawang, tetapi juga cakap membuat kans. Catatan 6 gol plus 4 assist yang sudah ia rangkum dari 11 laga menjadi bukti sahih. Wilson pun mampu mencatatkan 1,6 umpan kunci per laga. Berangkat dari notula itu, Southgate menaruh minat kepada Wilson.
ADVERTISEMENT
"Ia adalah ancaman bagi pertahanan lawan. Ia tak cuma tajam saat mencetak gol, tetapi juga bisa memberikan assist. Itu terlihat dari keterlibatan ia dalam gol-gol Bournemouth musim ini. Jadi, ini adalah waktu yang tepat untuk memberinya kesempatan, melihatnya bermain untuk kami dan menilai --apakah ia cocok dengan gaya bermain kami?" kata juru taktik berusia 48 tahun itu.
Di luar kedua pemain tersebut, Southgate kembali memanggil Dele Alli dan Jesse Lingard. Pemanggilan kedua nama terakhir itu membuat Mason Mount dan James Maddison tak masuk skuat Timnas Inggris.
Ada pula nama-nama yang tak diprediksi sebelumnya. Seperti bek Brighton and Hove Albion, Lewis Dunk, kiper Fulham, Marcus Bettinelli, dan pemain milik Southhampton, Alex McCarthy.
ADVERTISEMENT
Berikut ini skuat lengkap Timnas Inggris:
Kiper: Marcus Bettinelli, Jack Butland, Alex McCarthy, Jordan Pickford
Pemain bertahan: Trent Alexander-Arnold, Ben Chilwell, Lewis Dunk, Joe Gomez, Michael Keane, Luke Shaw, John Stones, Kieran Trippier, Kyle Walker
Gelandang: Ross Barkley, Dele Alli, Fabian Delph, Eric Dier, Jordan Henderson, Jesse Lingard, Ruben Loftus-Cheek, Harry Winks
Penyerang: Harry Kane, Marcus Rashford, Wayne Rooney, Jadon Sancho, Raheem Sterling, Danny Welbeck, Callum Wilson
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan