kumparan
12 September 2018 0:32

Tite: Donald Trump Harus Perbaiki Pengetahuan Sejarahnya

Tite
Pelatih Timnas Brasil, Tite. (Foto: Reuters/Henry Romero)
Bukan Donald Trump namanya kalau tak bertutur pedas. Saking pedasnya bahkan sampai seorang Tite pun mencak-mencak. Dalam hemat Tite, Trump dianggap sudah mempermalukan Timnas Brasil yang diasuhnya.
ADVERTISEMENT
Sejalan dengan kesuksesan Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026 kelak, Trump selaku Presiden Amerika Serikat mengadakan sebuah acara di Gedung Putih pada akhir Agustus 2018 silam. Dalam acara tersebut, Trump mengundang Presiden FIFA, Gianni Infantino.
Selain mempertemukan Trump dan Infantino, acara tersebut juga meyajikan diskusi yang membahas bagaimana kelak Amerika Serikat bersama Meksiko dan Kanada menggelar Piala Dunia 2026. Dilansir oleh ABC, Infantino memprediksi bahwa Piala Dunia 2026 akan berjalan dengan meriah.
Pertemuan itu berjalan menarik. Infantino sempat bercanda soal kartu kuning dan kartu merah yang bisa diterapkan oleh Trump kepada para wartawan. Dalam suasana bercanda tersebut, seorang wartawan bernama Raquel Krahenbuhl dari media Brasil, GloboNews.
ADVERTISEMENT
Raquel melontarkan pertanyaan kepada Trump. Bukannya menjawab, Trump malah balik bertanya dari mana Raquel berasal. Saat perempuan itu menjawab bahwa dirinya berasal dari Brasil, Trump membahas tentang penampilan Timnas Brasil yang melempem di Piala Dunia 2018.
"Kami (Amerika Serikat) memiliki tim sepak bola terkuat di dunia. Lalu, untuk Brasil, terakhir kali (Piala Dunia 2018) mereka punya sedikit masalah, kan? (kalah dari Belgia)," ujar Trump.
Komentar dari Trump memanaskan telinga Tite. Dalam sebuah konferensi pers jelang laga uji tanding antara Brasil dan El Salvador di FedEx Field, Maryland, Rabu (12/8/2018) pagi WIB, Tite merespons ucapan Trump tersebut.
Donald Trump, Amerika Serikat
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (27/08/2018). (Foto: REUTERS/Kevin Lamarque)
"Untuk Trump, Anda harus ingat bahwa kami (Brasil) sudah memenangi gelar Piala Dunia sebanyak lima kali. Dia tampaknya harus memperbaiki pengetahuan sejarahnya," ujar Tite dilansir ESPN FC.
ADVERTISEMENT
Menilik ucapan Tite ini, Trump memang harus ingat bahwa Brasil pernah menjadi juara Piala Dunia di Amerika Serikat. Hal itu terjadi pada 1994 silam. Di partai final, Brasil sukses mengalahkan Italia yang ketika itu diperkuat Roberto Baggio. Skuat Selecao kala itu diperkuat oleh Bebeto, Romario, Carlos Dunga, Aldair, Cafu, serta Ronaldo Lima.
Itu baru 1994. Timnas Brasil juga pernah menjadi juara dunia pada 1958, 1962, 1970, serta 2002. Jika melihat sejarah dengan benar, seharusnya Trump tahu apakah Brasil termasuk salah satu tim terkuat di dunia atau tidak. Apalagi, teraktual, pada 8 September 2018 silam, Amerika Serikat dikalahkan Brasil dengan skor 2-0.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan