kumparan
search-gray
Bola & Sports8 Maret 2020 10:51

Tottenham Diimbangi Burnley, Jose Mourinho Kritik Tanguy Ndombele

Konten Redaksi kumparan
Tottenham Diimbangi Burnley, Jose Mourinho Kritik Tanguy Ndombele (826161)
Jose Mourinho. Foto: Reuter/Dylan Martinez
Ada satu pemain Tottenham Hotspur yang menjadi target kritik Jose Mourinho setelah The Lilywhites diimbangi Burnley 1-1 pada pekan ke-29 Premier League 2019/2020, Minggu (8/3/2020) dini hari WIB. Pemain tersebut adalah Tanguy Ndombele.
ADVERTISEMENT
Mourinho tampaknya benar-benar tak puas dengan performa Ndombele di laga tersebut. Tanda-tandanya sudah terlihat ketika gelandang anyar Tottenham tersebut setelah jeda paruh babak.
Setelah laga, Mourinho menumpahkan kegusarannya kepada Ndombele. Menurut pelatih asal Portugal tersebut, Ndombele tak mengeluarkan kemampuan terbaiknya di laga melawan Burnley ini.
“Saya berharap pemain tidak pernah lelah untuk memberikan segalanya buat tim ini," kata Mourinho kepada Sky Sports.
"Saya pikir seseorang (Ndombele) mesti sadar bahwa ini adalah Premier League, ini pengalaman baru, ini adalah pertama kalinya ia bermain di Burnley. Saya harap musim depan ia tampil fantastis karena saat ini ia belum seperti itu," imbuhnya.
Tottenham Diimbangi Burnley, Jose Mourinho Kritik Tanguy Ndombele (826162)
Tanguy Ndombele di laga debut sebagai pemain Tottenham. Foto: Dok. Tottenham Hotspur F.C.
Pada laga ini, Mourinho menduetkan Ndombele dengan gelandang berusia 19 tahun bernama Oliver Skipp. Menurutnya, buruknya penampilan duet ini merupakan penyebab Tottenham Hotspur tertinggal terlebih dahulu via gol Chris Wood di menit ke-13.
ADVERTISEMENT
Ndombele dan Skipp memang tak tampil prima. Per Whoscored, keduanya sama sekali tak mampu mengkreasikan operan kunci dalam 45 menit pertama.
Secara defensif, Skipp sedikit lebih baik karena mampu melakukan satu tekel sukses. Dan Ndombele tanpa tekel sukses dan intersep.
Mourinho pun memutuskan untuk mengganti Ndombele dan Skipp dengan Lucas Moura dan Giovani Lo Celso. Keputusan itu berbuah manis setelah Lo Celso terlibat dalam gol penyama kedudukan Tottenham yang dicetak Dele Alli di menit ke-50.
Meski demikian, Jose Mourinho menegaskan bahwa Skipp tak bisa dibebankan terlalu banyak karena usianya masih belia. Itulah yang membuat Mourinho berharap lebih kepada Ndombele. Sial buat Mourinho, Ndombele tak bisa memenuhi harapannya.
Tottenham Diimbangi Burnley, Jose Mourinho Kritik Tanguy Ndombele (826163)
Tanguy Ndombele di laga melawan Burnley. Foto: REUTERS/Andrew Yates
Skipp adalah pemain muda yang masih dalam perkembangan jadi saya tak akan mengkritiknya. Saya tak menyangka kami akan tertinggal di paruh babak" papar Mourinho.
ADVERTISEMENT
“Rencana saya adalah memasukkan Moura dan Lo Celso saat laga menyisakan 30 atau 35 menit. Namun, kami kebobolan. Bagi saya, masalahnya bukan gol itu. Kami tak memiliki pemain tengah untuk mengemban tanggung jawab membangun serangan,” lanjutnya.
Wajar apabila Ndombele mendapat ekspektasi tinggi. Ia direkrut dari Olympique Lyonnais pada awal 2019/2020 dengan biaya 54 juta poundsterling—membuat Ndombele menjadi rekrutan termahal Tottenham Hotspur sepanjang sejarah.
Tottenham Diimbangi Burnley, Jose Mourinho Kritik Tanguy Ndombele (826164)
Mourinho memberi instruksi kepada pemain Dele Alli dan Tanguy Ndombele di sesi latihan perdana. Foto: THFC
Mourinho paham bahwa Ndombele butuh waktu. Namun, sang pelatih meminta Tanguy Ndombele untuk memanfaatkan waktu yang telah ia berikan dengan optimal.
“Saya harap ia (Ndombele) memanfaatkan waktunya di lapangan dengan baik. Memang, banyak pemain yang kesulitan pada musim pertamanya di liga baru. Namun, ia adalah pemain bertalenta dan ia harus lebih baik," jelas eks pelatih Inter Milan itu.
ADVERTISEMENT
Saya tak bisa terus-terusan memberinya kesempatan karena tim lebih penting daripada satu pemain,” tutup Jose Mourinho.
-----
Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League. Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis! Ayo, buruan daftar di sini.
Bagi yang mau nonton langsung siaran liga Inggris bisa ke MolaTV dan bagi yang ingin merasakan kemeriahan Nobar Supersoccer bisa cek list schedule nya di SSCornerID.
Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan MolaTV, dan jersi original.