kumparan
15 Maret 2019 19:21

Undian Liga Europa: Arsenal Jumpa Napoli, Dua Wakil Spanyol Bentrok

Trofi Liga Europa
Trofi Liga Europa Foto: Reuters/Eric Gaillard
Liga Europa musim 2018/2019 akhirnya sudah memasuki tahap perempat final. Delapan tim akan saling adu kekuatan untuk menjadi yang terbaik di kompetisi ini.
ADVERTISEMENT
Delapan tim yang berhasil lolos ke perempat final ini cukup bervariasi. Spanyol mengirimkan dua wakil, yaitu Valencia dan Villarreal. Begitu pula Inggris, yang diwakili oleh dua tim asal London, Arsenal dan Chelsea.
Empat tim sisanya adalah Benfica yang berasal dari Portugal, Eintracht Frankfurt dari Jerman, Napoli dari Italia, dan Slavia Praha dari Republik Ceko.
Sama seperti di Liga Champions, babak perempat final Liga Europa pun peraturan yang membatasi dua tim dari negara/asosiasi yang sama untuk bertemu telah dihapuskan. Dengan kata lain, Arsenal bisa bertemu dengan Chelsea, sementara Valencia memiliki kans untuk berhadapan dengan Villarreal.
Peraturan lainnya adalah tim yang namanya keluar pertama dari pot undian akan menjadi tuan rumah.
ADVERTISEMENT
Kendati begitu, ada satu hal yang perlu diingat, yaitu regulasi spesial bagi Chelsea dan Arsenal. Regulasinya serupa dengan apa yang terjadi bagi Manchester City dan Manchester United di Liga Champions.
Begini... Mengingat Chelsea dan Arsenal berasal dari kota yang sama, apabila kedua tim ini sama-sama bertindak sebagai tuan rumah seusai undian nanti, jadwal Arsenal akan diputar dan The Gunners akan menjalani laga sebagai tim tamu lebih dahulu.
Hal ini dilakukan demi menghindari bentrokan jadwal sepak bola di London. Arsenal menjadi tim yang mesti mengalah karena Chelsea berhasil menjuarai Piala FA musim 2017/18 lalu. Pembalikkan jadwal ini juga sudah terjadi di babak 16 besar lalu, kala Arsenal dan Chelsea sama-sama mendapatkan undian sebagai tuan rumah terlebih dahulu.
ADVERTISEMENT
Setelah undian perempat final berlangsung, jalur untuk semifinal pun juga akan langsung diundi. Ini berbeda dengan musim sebelumnya, ketika undian semi final berlangsung seusai babak perempat final berakhir.
***
Undian babak perempat final Liga Europa telah dilangsungkan di Nyon, Swiss, hari Jumat (15/3/2019) pukul 19:oo WIB, tepat setelah undian perempat final Liga Champions rampung.
Hasil undian pertama mempertemukan Napoli dengan Arsenal. Disusul pertemuan dua tim Spanyol, Villarreal dan Valencia. Lalu, Benfica akan menghadapi Frankfurt, sementara undian terakhir mempertemukan Slavia Praha dengan Chelsea.
Karena Arsenal dan Chelsea sama-sama mendapatkan undian sebagai tim tamu, maka Arsenal akan menjalani laga kandang terlebih dahulu di leg pertama.
Pemenang dari Napoli melawan Arsenal akan berhadapan dengan pemenang laga Villarreal dan Valencia di semifinal, dan pemenang antara laga Benfica dan Frankfurt akan bertemu pemenang antara Slavia Praha dan Chelsea di fase yang sama.
ADVERTISEMENT
Jadwal pertandingan leg pertama dan kedua perempat final Liga Europa akan berlangsung di tanggal 11 dan 18 April 2019 waktu setempat. Sementara, laga leg pertama dan kedua semifinal akan dilangsungkan pada 2 dan 9 Mei 2019.
Untuk partai final Liga Europa, akan dilangsungkan di Olympic Stadium, Baku, Azerbaijan, pada tanggal 29 Mei. Semua pertandingan ini akan diselenggarakan pada pukul 21:00 CET (03:00 WIB), kecuali ada perubahan yang mendesak dari UEFA.
Hasil Undian Babak Perempat Final Liga Europa Musim 2018/2019
  1. Arsenal vs Napoli
  2. Villarreal vs Valencia
  3. Benfica vs Eintracht Frankfurt
  4. Slavia Praha vs Chelsea
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan