kumparan
10 Okt 2019 10:14 WIB

Usai Taklukkan Sepak Bola, Petr Cech Jajal Hoki Es

Petr Cech kini jadi pemain hoki es. Foto: AFP/Kirill Kudryavtsev
Final Liga Europa musim lalu menjadi panggung bagi Petr Cech untuk berpamitan dengan sepak bola. Kurang dari lima bulan sesudahnya, Cech memutuskan untuk kembali turun gelanggang sebagai penjaga gawang. Bedanya, kali ini dia tidak akan berlaga di lapangan hijau, melainkan di arena hoki es.
ADVERTISEMENT
Kamis (10/10/2019) dini hari WIB, klub hoki es Guildford Phoenix mengumumkan bahwa mereka telah mengontrak Cech sebagai penjaga gawang baru. Rencananya, mantan pemain Chelsea itu akan melakoni debut pada Minggu (13/10) waktu setempat.
"Aku senang bisa mendapat kesempatan bermain dengan Phoenix. Aku berharap bisa membantu tim muda ini meraih tujuan musim ini dan memenangi sebanyak mungkin pertandingan ketika diberi kesempatan bermain," kata Cech dalam rilis resmi Phoenix.
"Setelah bermain sepak bola selama 20 tahun, memainkan olahraga yang kutonton dan kumainkan ketika masih kanak-kanak akan menjadi sebuah pengalaman yang luar biasa," lanjutnya.
Kembalinya Cech sebagai seorang penjaga gawang—goaltender dalam istilah hoki es—sebenarnya sudah bisa diprediksi sejak Agustus silam. Ketika itu pria yang melejit di Stade Rennais ini mengunggah sebuah foto dirinya tengah berlatih bersama Phoenix.
ADVERTISEMENT
Meskipun saat ini sudah kembali aktif bermain sebagai seorang atlet, Cech tidak akan meninggalkan posnya sebagai konsultan teknis dan performa di Chelsea. Dalam kapasitasnya itu, salah satu tugasnya adalah menghubungkan tim utama The Blues dengan akademinya.
"Ada yang berpikir bahwa aku telah berganti pekerjaan. Itu tidak benar," kata Cech lewat Instagram. "Untungnya, pekerjaan sebagai konsultan teknis dan performa di Chelsea FC tidak menghalangiku memainkan olahraga yang kucintai sejak masih bocah."
"Ketika masih bermain sepak bola secara profesional, tentu saja aku tidak bisa memainkan olahraga ini karena alasan yang tak perlu lagi dijabarkan. Sekarang aku bisa," tambahnya.
Tiga tahun silam Cech pernah mengaku kepada Arsenal TVHD bahwa hoki es sebenarnya olahraga pilihan pertamanya. Namun, ketika itu ada aspek finansial yang harus dipertimbangkan sehingga akhirnya Cech memilih sepak bola sebagai jalan karier.
ADVERTISEMENT
"Kami harus membeli semua perlengkapan yang diperlukan. Bisa kau bayangkan betapa besarnya pengorbanan finansial yang harus dilakukan. Ketika masih kanak-kanak, kau akan terus tumbuh besar sehingga kau harus terus membeli perlengkapan. Kami tidak mampu melakukannya," tutur Cech.
Kedatangan Cech ke Guildford Phoenix ini sendiri disambut antusias oleh pelatih Milos Melicherik. "Kami sudah tidak sabar menantinya beraksi akhir pekan ini. Dia sudah banyak berkembang sejak aku pertama kali melihatnya dan aku ingin segera melihatnya beraksi," ujar sang pelatih.
Guildford Phoenix dibentuk pada 2017. Saat ini klub yang berkandang di Guildford Spectrum itu bermain di divisi empat kompetisi hoki es Britania Raya. Lawan yang akan dihadapi Cech di laga debutnya adalah Swindon Wildcats II.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan