kumparan
search-gray
Bola & Sports24 Maret 2020 19:07

William Saliba, Perjudian Arsenal yang Berhasil?

Konten Redaksi kumparan
William Saliba, Perjudian Arsenal yang Berhasil? (72792)
William Saliba berduel dengan Lucas Tousart di laga Ligue 1 kontra Lyon. Foto: Reuters/Pascal Rossignol
Mahal nian harga William Saliba. Untuk seorang remaja 18 tahun yang belum terbukti kualitasnya, tentu angka 30 juta euro tidak bisa dibilang murah, bukan?
ADVERTISEMENT
Namun, Arsenal rela merogoh koceknya sedalam itu demi mengamankan jasa Saliba. Pada awal musim ini, transfer tersebut diumumkan. Arsenal telah membeli Saliba dari Saint-Etienne tetapi sang pemain bertahan akan dipinjamkan dulu selama semusim ke klub lamanya.
Sebelum direkrut Arsenal dengan harga 30 juta euro itu, Saliba baru setahun merasakan kompetisi senior bersama Saint-Etienne. Namun, potensinya memang sudah begitu jelas terlihat.
William Saliba, Perjudian Arsenal yang Berhasil? (72793)
Bek Arsenal yang dipinjamkan ke Saint-Etienne, William Saliba. Foto: AFP/Nicolas Tucat
Per WhoScored, Saliba pada musim 2018/19 mampu mencatatkan rata-rata 2 tekel, 1,8 intersep, dan 2,7 sapuan tiap laganya. Itu semua dia bukukan dalam 16 partai Ligue 1.
Saliba pun kemudian menjadi incaran banyak klub raksasa Eropa. Karena tak mau keduluan, The Gunners pun bergerak cepat. Di saat harga pasaran Saliba masih berkisar di angka 12 juta euro, Arsenal berani membelinya dengan nilai lebih dari dua kali lipat.
ADVERTISEMENT
Dasarnya memang pemain berbakat, pada musim ini Saliba terus menunjukkan mengapa Arsenal rela mengeluarkan uang sebanyak itu. Dengan jumlah penampilan yang semakin banyak, penampilan Saliba masih sama bagusnya.
Musim ini Saliba sudah tampil 12 kali di Ligue 1. Dari situ, pemain bertinggi 192 cm itu mampu menghasilkan 35 sapuan, 21 intersep, 19 tekel sukses, dan 30 keberhasilan melakukan duel udara. Jika dirata-rata, ada 2,9 sapuan, 1,8 intersep, 1,6 tekel sukses, dan 2,5 keberhasilan duel udara yang ditorehkannya.
Namun, kelebihan Saliba tak cuma sampai situ. Pemuda bertubuh ramping ini adalah seorang ball-playing defender mumpuni dan itu dia tunjukkan dengan catatan umpan dan dribel yang apik pula.
Dari 12 laga tadi Saliba mampu mencatatkan 476 umpan dengan akurasi mencapai 88 persen. Selain itu, dia juga sudah berhasil 6 kali melewati lawan pada musim ini. Dari situ terlihat bagaimana kompletnya Saliba sebagai seorang bek tengah.
ADVERTISEMENT
Saliba sendiri dijadwalkan bakal tiba di Arsenal pada musim 2020/21 mendatang. Melihat situasi lini belakang The Gunners saat ini yang tidak memiliki personel dengan penampilan konsisten, bukan mustahil jika Saliba nanti bisa langsung merebut satu tempat di sebelas awal.
Namun, karena wabah COVID-19, bisa jadi kepindahan penuh Saliba ke Emirates Stadium bakal tertunda. Penangguhan kompetisi berpotensi pada penggeseran jendela transfer dan itu artinya Saliba harus menunggu lebih lama lagi untuk membuktikan diri di skuat besutan Mikel Arteta.
-----
Ayo, ikutan Home of Premier League dan menangi uang tunai Rp50.000.000. Buruan daftar di sini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white