kumparan
search-gray
Bola & Sports19 Mei 2020 15:43

Xavi: Neymar Lebih Cocok buat Barcelona Ketimbang Aubameyang atau Mane

Konten Redaksi kumparan
Xavi: Neymar Lebih Cocok buat Barcelona Ketimbang Aubameyang atau Mane (311190)
Neymar merayakan gol ke gawang Dortmund. Foto: Reuters/Leon Kuegeler
Bagi Xavi Hernandez, Neymar adalah kepingan penyempurna buat Barcelona. Dari situ, ia menyarankan agar mantan klubnya itu tak usah repot-repot melirik pemain lain, seperti Pierre-Emerick Aubameyang atau Sadio Mane.
ADVERTISEMENT
Selama di Camp Nou, per data Transfermarkt, Neymar berhasil mencetak 105 gol dari 186 penampilan. Ia kemudian dibajak Paris Saint-Germain dengan nilai transfer 200 juta poundsterling pada 2017.
Sekarang, sekitar tiga tahun setelah Neymar pergi, Xavi berharap pemain Timnas Brasil itu bisa kembali bermain untuk Barcelona.
"Dalam hal sepak bola, Neymar itu termasuk salah satu yang terbaik di dunia. Saya harap dia kembali ke Barcelona," kata Xavi, seperti diberitakan Goal International.
"Kehadirannya akan berdampak positif bagi Barcelona. Dia memiliki karakter positif. Kalau bergabung dengan Barcelona dampaknya bakal langsung terasa," lanjut dia.
Xavi: Neymar Lebih Cocok buat Barcelona Ketimbang Aubameyang atau Mane (311191)
Neymar saat merayakan gol ke gawang Galatasaray. Foto: Reuters/Benoit Tissier
Neymar sendiri sempat mengaku ingin kembali ke Barcelona. Apalagi, ada dua sohibnya, Lionel Messi dan Luis Suarez, yang juga punya keinginan serupa.
ADVERTISEMENT
Masalahnya, kondisi finansial Barcelona tidak dalam kondisi sehat akibat pandemi COVID-19. Mengingat nilai transfer Neymar yang besar, lalu gajinya di PSG yang mencapai 36 juta euro per tahun, berat buat Barcelona membawanya kembali ke Spanyol.
Di sisi lain, striker top dunia bukan Neymar saja. Ada nama-nama macam Aubameyang, Mane, dan Lautaro Martinez yang bisa Blaugrana dapatkan dengan banderol yang lebih murah.
Xavi: Neymar Lebih Cocok buat Barcelona Ketimbang Aubameyang atau Mane (311192)
Lautaro Martinez jadi incaran Barcelona. Foto: AFP/Tiziana Fabi
Meski demikian, Xavi tidak menyarankan Barcelona mendatangkan Aubameyang dan Mane. Pasalnya, ia merasa dua pemain tersebut tidak cocok bermain untuk Barcelona.
"Mane dan Aubameyang bisa sangat berbahaya ketika mendapat ruang luas. Akan tetapi, Barcelona membutuhkan pemain yang bisa bermain baik di ruang sempit," kata Xavi.
"Saya bicara soal pemain yang bisa beradaptasi dengan baik untuk Barcelona. Jujur saja, tidak mudah menemukan pemain itu. Dulu ada Samuel Eto'o yang klop dengan Barcelona, begitu juga dengan Luis Suarez sekarang," tambahnya.
Xavi: Neymar Lebih Cocok buat Barcelona Ketimbang Aubameyang atau Mane (311193)
Luis Suarez yang pernah gigit orang di lapangan. Foto: AFP/Giuseppe Cacace
Menariknya, Xavi pernah mengungkapkan dukungan agar Barcelona mendatangkan Martinez dari Inter Milan. Bahkan, ia mengatakan kalau Martinez sangat cocok buat Barcelona.
ADVERTISEMENT
"Saya menyukai permainannya. Dia bisa lolos dari penjagaan pemain belakang dengan baik, dan bisa memberikan opsi umpan. Dia bermain baik di ruang terbuka atau sempit. Barcelona sudah tepat jika tertarik padanya," ucap Xavi beberapa waktu lalu.
****
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
Yuk, bantu donasi atasi dampak corona.