kumparan
30 Nov 2018 19:10 WIB

Yanto Basna Gabung Klub Level Teratas Liga Thailand

Yanto Basna. (Foto: Instagram/@yanto_basna)
Karier Rudolof Yanto Basna di Thailand berlanjut, tetapi bekas bek Timnas Indonesia itu memutuskan berganti seragam.
ADVERTISEMENT
Sudah sejak musim 2018, Yanto berkiprah di Negeri Gajah Putih. Destinasi pertamanya adalah Khon Kaen United FC yang merekrut pemain asal Papua tersebut dengan status bebas transfer.
Rapor Basna tak buruk. Selain menjadi pilihan utama di lini belakang, dia juga mengantarkan Khon Kaen United finis di posisi keempat Thai League 2 --level kedua Liga Thailand-- dengan koleksi 49 poin dari 28 pertandingan. Namun, itu tak cukup membuat Khon Kaen United naik tingkat karena hanya ada jatah tiga tim untuk promosi.
Gagal mentas di Thai League 1 bersama Khon Kaen United, Basna mendapatkan kesempatan serupa dari klub lain, yakni Sukhothai FC. Jumat (30/11/2018), dia mengumumkan kepindahannya ke tim beralias The Fire Bat melalui akun Instagram pribadinya.
ADVERTISEMENT
Yanto saat masih bersama Persib. (Foto: PT GTS)
"Puji Tuhan. Memulai tantangan baru," tulis Basna di keterangan foto sambil mengunggah gambar dirinya membentangkan syal Sukhothai.
Sukhothai sendiri mengakhiri musim 2018 di kursi ke-11 Thai League 1 dengan 46 poin dari 34 pertandingan. Namun, mereka tetap berbenah lewat sejumlah perubahan. Kedatangan Basna adalah salah satunya dan pelatih anyar dalam diri Ljubomir Ristovski menjadi perubahan besar lainnya.
Bersama Ristovski, Basna akan merasakan tangan dingin pelatih yang sudah memiliki pengalaman di Thailand. Ya, sosok asal Serbia itu sudah berkarier di sana sejak 2016. Sukhothai menjadi tim keempat yang dibesutnya setelah Khon Kaen United, Buriram United B, serta Navy.
Sementara itu, Sukhothai merupakan klub kelima dalam karier profesional Basna. Dia sempat berseragam Mitra Kukar, Persib Bandung, dan Sriwijaya FC sebelum memutuskan hijrah ke Thailand.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan