kumparan
12 Mar 2019 13:27 WIB

Zidane Kembali, Real Madrid Tawarkan Pekerjaan Lain untuk Solari

Santiago Solari memberi arahan kepada para pemain Real Madrid saat melawan Barcelona. Foto: REUTERS/Juan Medina
Real Madrid, secara mengejutkan, merekrut kembali Zinedine Zidane untuk menggantikan posisi Santiago Solari sebagai pelatih. Meskipun begitu, kedatangan Zidane tak serta-merta membuat Solari terdepak dari Madrid. Pasalnya, Presiden Madrid, Florentino Perez, menawarkan pekerjaan lain untuk Solari.
ADVERTISEMENT
Rentetan kekalahan yang diderita Madrid, baik di kompetisi domestik maupun di Liga Champions, membuat Solari kehilangan pekerjaannya sebagai pelatih tim utama Madrid. Namun, menurut laporan Marca, Solari telah ditawarkan pekerjaan di tim akademi Madrid hingga kontraknya bersama klub asal ibukota Spanyol ini habis pada tahun 2021 mendatang.
Penawaran yang diberikan Madrid kepada Solari tampaknya diinisiasi langsung oleh Perez. Presiden Madrid yang telah berusia 72 tahun ini menyatakan bahwa tawaran ini diberikan kepada Solari sebagai bentuk apresiasi atas loyalitas sang eks pelatih.
“Saya ingin mengutarakan rasa terima kasih terhadap Solari atas dedikasi dan loyalitasnya terhadap klub yang sudah seperti rumah baginya ini. Solari adalah bagian dari tim ini mengingat komitmennya sejak ia menjadi pemain di sini. Kami ingin Anda (Solari) tetap berada di sini, apabila Anda ingin,” ujar Perez dikutip dari Marca.
ADVERTISEMENT
Florentino Perez. Foto: Reuters
Kendati begitu, tak ada penjelasan lebih lanjut dari Perez menyoal posisi apa yang ia tawarkan terhadap Solari. Menariknya, Solari dipastikan tak akan kembali ke posisinya sebagai kepala pelatih Real Madrid Castilla—jabatan yang ia pegang sebelum dipromosikan sebagai kepala pelatih tim utama.
Posisi kepala pelatih Real Madrid Castilla masih akan dipegang oleh Manolo Diaz, yang berhasil membawa tim B Madrid tersebut sementara duduk di peringkat tiga klasemen Segunda B Grup 1.
Alih-alih kembali ke kursi kepelatihan, Solari diduga akan menjadi Direktur Akademi Madrid. Posisi direktur akademi ini memang tengah lowong semenjak ditinggal oleh Victor Fernandez pada bulan Juni 2017 lalu.
Tentunya, ada alasan sendiri mengapa Madrid masih ingin mempertahankan Solari dan mempekerjakannya di akademi. Pria asal Argentina ini memang jago mengurus dan meningkatkan performa pemain muda. Bisa dilihat kesuksesannya mengorbitkan Sergio Reguillon, jebolan akademi Madrid, untuk menjadi bek kiri di tim utama, menggantikan pemain senior macam Marcelo Viera.
ADVERTISEMENT
Solari bersama Vinicius Junior Foto: REUTERS/Sergio Perez
Jangan lupakan juga peran Solari dalam perkembangan bintang masa depan Madrid, Vinicius Junior. Vinicius, yang tak mendapatkan kesempatan bermain di bawah binaan Lopetegui, menjelma menjadi bintang ketika diasuh oleh Solari. Dalam 31 pertandingan bersama Solari, Vinicius berhasil menyumbangkan tujuh gol plus 13 assist bagi Los Merengues.
Meskipun begitu, sampai artikel ini terbit, belum ada keputusan lebih lanjut dari Solari mengenai tawaran yang diberikan Madrid kepadanya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan