UEFA Prediksi 10 Pemain yang Akan Bersinar di 2024, Siapa Saja?

3 Januari 2024 16:15 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
10 pesepak bola wanita yang akan bersinar di 2024. Foto: dok. Instagram
zoom-in-whitePerbesar
10 pesepak bola wanita yang akan bersinar di 2024. Foto: dok. Instagram
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pada 2023 kemarin, ada puluhan pesepak bola wanita muda yang tampil gemilang. Ada yang sukses mencatatkan debutnya di timnas senior, hingga mengantarkan negaranya jadi juara di berbagai turnamen.
ADVERTISEMENT
Kini, di 2024, sederet pemain itu diprediksi akan memancarkan sinarnya lebih terang. Mengutip UEFA, berikut 10 pemain yang diprediksi akan bersinar di tahun 2024. Siapa saja mereka?

1. Aggie Beever-Jones (Chelsea & Inggris)

Beever-Jones bergabung dengan akademi Chelsea saat berusia tujuh tahun. 10 tahun berselang, ia menjadi pemain akademi Chelsea pertama yang sukses menembus Liga Inggris Wanita.
Debut seniornya hadir pada Januari 2021. Tapi, setelahnya ia lebih banyak menghabiskan waktu sebagai pemain pinjaman di Bristol City dan Everton. Beever-Jones baru kembali berseragam The Blues pada musim 2023/24.

2. Fiamma Benitez (Valencia & Spanyol)

Fiamma Benitez adalah salah satu talenta muda terbaik yang dimiliki Spanyol. Di usianya yang baru 19 tahun, ia turut andil saat memenangi Euro U-19 2022 serta Piala Dunia U-20 2022. Pada tahun 2022, penggawa Valencia itu juga mencicipi debut senior dengan La Roja.
ADVERTISEMENT
Posisi aslinya adalah seorang playmaker, tapi ia juga bisa beroperasi di sisi sayap. Fiamma Benitez harus bersaing ketat dengan sejumlah winger Spanyol seperti Salma Paralluelo dan Olga Carmona jika ingin mendapat spot utama.

3. Danielle de Jong (Twente & Belanda)

Belanda tampaknya tak perlu begitu khawatir jika kiper utamanya Daphne van Domselaar berhalangan untuk main. Sebab, mereka kini punya satu pemain potensial lainnya yang berposisi di bawah mistar.
Danielle de Jong membuat debutnya di tim senior pada September lalu. Dalam beberapa tahun ke depan, ia diprediksi akan mencapai level yang sama dengan sang kiper utama.
Pemain Timnas Wanita Italia Giulia Dragoni berebut bola dengan pemain Timnas Wanita Argentina Eliana Stabile pada pertandingan Grup G Piala Dunia Wanita 2023 di Eden Park, Auckland, Selandia Baru, Senin (24/7/2023). Foto: David Rowland/REUTERS

4. Giulia Dragoni (Barcelona & Italia)

Giulia Dragoni menjadi pemain termuda yang tampil di Serie A Wanita. Ia mentas di tim senior Inter Milan saat usianya baru menginjak 16 tahun.
ADVERTISEMENT
Kemahirannya mengolah Si Kulit Bundar membuat Barcelona kepincut. Dragoni pun digaet Barca pada Januari 2023, itu menjadikannya pemain non-Spanyol pertama yang bergabung dengan tim La Masia. Pada November 2023, akhirnya Dragoni debut dengan tim senior Barcelona, sebulan berselang ia juga bermain di Liga Champions Wanita saat usianya masih 17 tahun.

5. Noemi Ivelj (Grasshoppers & Swiss)

Umur Noemi Ivelj memang baru 16 tahun, tapi ia sudah dipercaya untuk mengisi pos utama lini belakang Swiss. Pelatih Swiss, Inka Grings, memuji fleksibilitas pertahanan Ivelj. Penggawa Grasshoppers ini diharapkan untuk terus berkembang sampai 2025 saat Swiss menjadi tuan rumah Euro Wanita.

6. Rosa Kafaji (Hacken & Swedia)

Regenerasi Swedia untuk posisi striker tergolong apik. Kini, Swedia mungkin masih bertumpu pada ketajaman Stina Blackstenius di lini depan. Tapi, kelak mereka punya penyerang tajam lainnya yang tengah disiapkan, pemain itu ialah Rosa Kafaji.
ADVERTISEMENT
Pada musim 2020 lalu Kafaji tampil garang. Ia mencetak 12 gol dan membantu timnya, Solna, promosi ke Liga Swedia Wanita. Kemahirannya di depan gawang itulah yang membuat Hacken tertarik untuk mengontraknya.

7. Franziska Kett (Bayern Muenchen & Jerman)

Perkembangan permainan Franziska Kett bisa dibilang lebih cepat dari pemain sebayanya. Saat usianya masih 17 tahun, ia sudah bermain untuk tim senior Muenchen.
Bersama Jerman, ia juga tak kalah cemerlangnya. Kett mengantar Jerman ke semifinal Euro Wanita U-19 2022. Di turnamen tersebut, Franziska Kett juga masuk dalam 11 pemain terbaik.

8. Valentina Madl (St. Polten & Austria)

Valentina Madl mungkin bakal menjadi bintang Austria selanjutnya. Bayangkan saja, dalam 13 laga ia mampu melesakkan 20 gol bagi timnas U-19 Austria. Pemain St. Polten itu juga berperan penting mengantar Austria mencapai final Euro Wanita U-19 2023.
ADVERTISEMENT

9. Louna Ribadeira (Paris FC & Prancis)

Louna Ribadeira sukses menunjukkan sinarnya pada 2023 kemarin. Pemain 19 tahun itu berhasil membawa Prancis menjadi juara Euro Wanita U-19. Ia juga menjadi Top Scorer dengan torehan empat gol sekaligus pemain terbaik turnamen.

10. Masa Tomasevic (Buducnost & Montenegro)

Saat ini, usia Masa Tomasevic memang baru menginjak 15 tahun, tapi ia sudah malang melintang di berbagai tim. Di klub, ia menjadi andalan Buducnost yang tampil di Liga Montenegro Wanita.
Sedangkan, di level tim nasional, Buducnost kini aktif di kelompok umur U-17 dan senior. Tomasevic mencatatkan debutnya bagi Montenegro senior saat melawan Makedonia Utara pada April 2023 lalu.