kumparan
30 Januari 2018 14:31

11 Fakta di Balik Gurihnya Daging Bebek

Daging Bebek (Cover)
Daging Bebek (Foto: Pixabay)
Selain ayam, bebek tampaknya menjadi salah satu jenis unggas yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Memiliki tekstur daging yang cukup lembut dan rasa yang gurih, menjadi alasan kenapa olahan bebek banyak disukai masyarakat.
ADVERTISEMENT
Daging bebek juga mengandung manfaat kesehatan karena dikemas dengan berbagai nutrisi seperti sumber protein, zat besi, selenium, B vitamin dan zinc. Tak hanya itu saja, masih banyak sederet fakta lainnya tentang daging bebek yang wajib diketahui oleh kamu yang mengaku pecinta olahan daging bebek. Apa saja?
Roasted Duck
Roasted Duck (Foto: Pixabay)
Berikut kumparan (kumparan.com) rangkum 11 fakta menarik tentang daging bebek dari berbagai sumber:
1. Olahan daging bebek sangat populer di Tiongkok. Sementara, daging ayam dan kalkun lebih populer di Amerika Serikat.
2. Pengolahan daging bebek membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan daging ayam dan kalkun.
3. Daging bebek memiliki rasa dan aroma yang khas, sehingga daging bebek harus diolah dengan bumbu dan cara yang tepat agar daging bebek tidak berbau amis.
ADVERTISEMENT
4. Bebek dikenal dengan unggas yang mengandung tinggi lemak. Namun, kandungan lemak paling tinggi terletak pada kulitnya.
5. Banyak ahli yang menyarankan untuk tidak mengolah kulit bebek karena 1/3 kandungan kulit bebek adalah lemak jenuh dan 2/3-nya adalah lemak tak jenuh tunggal.
Ilustrasi Bebek Panggang
Ilustrasi Bebek Panggang (Foto: Pixabay)
6. Tergolong jenis unggas, daging bebek kaya akan nutrisi kesehatan dan menjadi salah satu sumber protein.
7. Ada empat jenis bebek yang sering diolah menjadi makanan yaitu: bebek Mallard, bebek Moulard, bebek Muscovy, dan bebek Peking.
8. Meski bermanfaat, namun terlalu banyak mengkonsumsi daging bebek bisa menimbulkan bahaya kesehatan seperti meningkatkan kadar kolesterol dan memicu diabetes.
9. Ada banyak olahan bebek yang populer di dunia. Roasted Duck menjadi salah satu yang paling sering dibuat oleh masyarakat.
ADVERTISEMENT
10. Tak hanya dagingnya, telur bebek juga bisa dikonsumsi dan diolah menjadi aneka hidangan yang lezat, seperti saus salted egg.
11. Di Indonesia sendiri, banyak restoran bebek yang bisa kamu temukan di tiap sudut kota.
Infografik Fakta Daging Bebek
Infografik Fakta Daging Bebek (Foto: Muhammad Faisal N)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan