Ilustrasi Kurma Medjool
6 Mei 2021 9:12

3 Tanda Kurma Sudah Tak Layak Makan dan Tips Menyimpannya

3 Tanda Kurma Sudah Tak Layak Makan dan Tips Menyimpannya (56419)
Ilustrasi kurma. Foto: Shutterstock
Sama seperti buah-buahan pada umumnya, kurma juga mempunyai batas waktu kedaluwarsa, lho. Meski kadang jangka waktunya cukup lama, bahkan hingga berbulan-bulan. Tapi, tidak menutup kemungkinan jika buah legit itu akan busuk pada waktunya.
ADVERTISEMENT
Mengutip The Kitchn, kurma dengan sejuta khasiat baik memang tak bisa bertahan selamanya. Oleh sebabnya, bila menemukan kejanggalan seperti rasa masam juga aroma tak sedap. Bisa jadi, buah tersebut tak dapat lagi di konsumsi.
Nah, bagi kamu yang masih bingung menentukan apakah kurma masih baik untuk dimakan atau tidak. Sebaiknya, simak ciri-cirinya di bawah ini, yuk.

1. Kurma berubah warna dan berjamur

3 Tanda Kurma Sudah Tak Layak Makan dan Tips Menyimpannya (56420)
Ilustrasi Kurma Medjool Foto: Shutterstock/Brent Hofacker
Bila banyak dari kalian sudah menyimpan kurma dalam jangka waktu cukup lama. Sebelum hendak memakannya, pastikan untuk selalu memperhatikan kondisi bagian luar kurma. Sebab, jika warnanya sudah berubah menjadi lebih gelap dan ditumbuhi jamur, lebih baik segera buang karena itu tanda buah mulai membusuk.

2. Bau busuk

3 Tanda Kurma Sudah Tak Layak Makan dan Tips Menyimpannya (56421)
Ilustrasi Kurma Zaghloul Foto: Shutterstock/John_T
Tips paling mudah untuk mengetahui kurma kalian masih layak makan atau tidak; adalah dengan cara mengendus baunya. Apabila kamu menemukan bau yang kuat, tak sedap, sampai aroma busuk. Maka, jangan coba mengonsumsinya dan segeralah buang.
ADVERTISEMENT

3. Ditemukan binatang kecil

3 Tanda Kurma Sudah Tak Layak Makan dan Tips Menyimpannya (56422)
Ilustrasi kurma Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Lantaran buah kurma banyak yang diproduksi tanpa pestisida. Lantas, akan sangat mudah menemukan kejanggalan bila buah ini telah kedaluwarsa. Terlebih kurma organik, dapat dengan mudah dihinggapi hama, serangga kecil, atau cacing bersarang di dalamnya.
Tapi, bukan berarti bila satu kurma dihinggapi hama, maka semua buah telah tak layak makan. Sebelum membuang semua kurma, ada baiknya untuk memeriksa satu per satu terlebih dahulu. Sebab, tak jarang juga ditemukan kalau hanya beberapa kurma yang busuk, selebihnya masih dalam kondisi baik dan layak makan.

Tips menyimpan kurma agar tak mudah membusuk

3 Tanda Kurma Sudah Tak Layak Makan dan Tips Menyimpannya (56423)
manfaaat kurma Foto: Shutterstock
Nah, guna menghindari kurma cepat membusuk, sebenarnya ada tips mudah yang bisa diterapkan, sesaat kamu baru saja membeli sekotak kurma. Pertama, simpanlah di wadah kedap udara. Meski, seringkali kita membeli buah itu dalam keadaan tertutup dalam kotak, tapi sebaiknya langsung pindahkan saja ke wadah bertutup rapat atau toples.
ADVERTISEMENT
Hal ini bertujuan agar tekstur juga rasa tetap terjaga. Baru setelahnya, letakkan dalam kulkas maupun suhu ruangan. Jika di suhu ruangan kurma dapat bertahan kurang lebihnya 3 bulan, maka di kulkas buah manis ini dapat bertahan selama 1 tahun.
Lalu, tips lainnya yakni menyimpan kurma dalam freezer. Terdengar cukup asing memang, tetapi ini dapat menjadi alternatif yang membuat kurma bertahan lebih lama. Walau dibekukan, rasanya tak akan berubah sedikitpun. Kalau kalian pengin menyantapnya, rendamlah dulu menggunakan air hangat dan tunggu sampai empuk, ya.
Reporter: Balqis Tsabita Azkiya