kumparan
23 September 2019 9:28

4 Jenis Rempah Pengganti Biji Ketumbar

ketumbar Foto: dok.pixabay.com
Penambahan biji ketumbar pada beberapa jenis hidangan, memang bisa menambah cita rasanya menjadi sedap. Ketumbar atau yang disebut juga coriander, memiliki rasa dan aroma yang khas.
ADVERTISEMENT
Karena itulah, biji ketumbar sering diandalkan pada aneka sup atau tumisan. Sebagai contoh, hidangan Tom Yam khas Thailand yang mengandalkan ketumbar sebagai penambah rasa dan aroma.
Terlepas dari aromanya yang khas, ketumbar ternyata cenderung kehilangan aromanya ketika disimpan di dalam kulkas. Namun, jangan khawatir, ternyata ada beberapa jenis rempah yang memiliki aroma dan rasa seperti biji ketumbar.
Rempah-rempah ini bisa dijadikan pengganti apabila stok ketumbar di dapur sudah habis. Atau bisa juga dijadikan sebagai pengganti, apabila stok biji ketumbar sudah tidak fresh lagi. Apa saja?
1. Jinten
Ilustrasi Jinten Foto: Shutterstock/Michelle Lee Photography
Jinten merupakan rempah populer yang terbuat dari biji Cuminum cyminum. Jinten sendiri memiliki bentuk seperti bulir padi.
Di Maroko, jinten biasanya digunakan sebagai rempah penambah rasa makanan. Ia memiliki rasa sedikit pedas, dengan aroma yang khas. Karena itulah jinten bisa jadi rempah terbaik pengganti biji ketumbar.
ADVERTISEMENT
2 Garam masala
Ilustrasi Garam Masala Foto: Shutterstock/StockImageFactory.com
Meskipun namanya memiliki embel-embel 'garam', ternyata rempah ini bukanlah jenis garam. Melainkan racikan rempah khas India, yang biasanya terdiri dari; kunyit, lada, cengkeh, kayu manis, bunga pala, daun salam, jinten, hingga biji ketumbar.
Karena biji ketumbar adalah salah satu bahan dalam garam masala, itulah sebabnya rempah ini bisa dijadikan sebagai pengganti ketumbar biasa.
Namun yang perlu digaris bawahi, garam masala memiliki rasa yang strong. Sehingga jika dicampurkan ke dalam makanan, tambahkanlah garam masala dalam jumlah yang sedikit.
3. Bubuk kari
bubuk kari Foto: Shutterstock
Sama seperti garam masala, bubuk kari juga mengandung beberapa jenis rempah. Seperti ketumbar, jahe, kunyit, cabai, hingga fenugreek.
Tak jauh berbeda dengan ketumbar, bubuk kari menghasilkan rasa dan aroma yang hangat pada hidangan. Namun, ia memiliki rasa yang lebih kuat, sehingga jika menambahkan bubuk kari pada hidangan tambahkanlah dalam jumlah yang sedikit.
ADVERTISEMENT
4. Jintan
Ilustrasi Jintan Foto: Shutterstock/Michelle Lee Photography
Di antara jenis rempah tadi, rempah yang satu ini bisa dibilang memiliki rasa dan aroma yang paling sama dengan biji ketumbar.
Jintan sendiri merupakan rempah dari tanaman Carum Carvi atau yang dikenal sebagai kummel di Jerman. Ia memilki bentuk seperti bulan sabit dengan bentuk panjang.
Jintan sering dipakai dalam aneka hidangan Jerman; seperti sauerkraut hingga roti atau keju.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan