kumparan
29 Agustus 2019 11:06

4 Kombinasi Menu Makan Siang yang Bikin Lemas

Ilustrasi makanan cepat saji
Ilustrasi makanan cepat saji Foto: dok.shutterstock
Makan siang menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu para pelajar dan karyawan. Namun, momen tersebut juga sering membuat bingung terutama saat harus memilih makanannya.
ADVERTISEMENT
Ya, saat makan siang datang banyak sekali pilihan hidangan yang menggiurkan. Dari mulai nasi padang, aneka soto, sup, hingga bakso atau mi ayam. Semuanya begitu menggugah selera, bukan?
Meski banyak pilihan, kamu harus hati-hati saat menentukan menu makan siang. Pasalnya, kombinasi menu makan siang yang kurang tepat bisa membuat tubuhmu lemas dan juga mengantuk.
Kombinasi menu makan siang apa saja yang bisa bikin tubuh lemas? Berikut kumparan rangkum untuk kamu.
1. Nasi, mi, dan gorengan
Ilustrasi mi instan dan nasi
Ilustrasi mi instan dan nasi. Foto: Instagram/@hasegawatadaki
Kombinasi tiga menu makan siang di atas bisa membuat tubuh cepat lemas dan mengantuk. Ini karena, ketiga menu tersebut mengandung karbohidrat dan juga lemak. Asupan karbohidrat yang berlebihan menyebabkan metabolisme tubuh menjadi lambat.
Kondisi ini juga akan diperparah jika kamu memilih minuman manis dalam kemasan. Pasalnya, asupan gula yang ada di dalam minuman kemasan tersebut menambah jumlah karbohidrat. Pada akhirnya, membuat proses metabolisme tubuh semakin berat.
ADVERTISEMENT
2. Nasi dengan masakan bersantan
Ilustrasi gulai ayam.
Ilustrasi gulai ayam. Foto: Pixabay
Tak hanya dengan mi dan gorengan, kombinasi nasi dengan masakan bersantan juga bisa membuat tubuh merasa lemas. Apalagi jika makanan bersantan tersebut disajikan dengan bahan baku atau protein hewani yang memiliki kandungan lemak jenuh tinggi.
Menurut beberapa ahli gizi, kombinasi makanan bersantan dengan nasi, berisiko membuat asupan lemak dan karbohidrat dalam tubuh menjadi meningkat.
Selanjutnya, jika kamu menutup kombinasi menu tersebut dengan minuman manis (seperti es campur), juga bisa meningkatkan asupan gula dalam tubuh. Kombinasi makanan dan minuman ini cenderung memperparah dan malah membuat tubuh semakin lemas.
3. Makanan cepat saji dan minuman bersoda
Ilustrasi Makanan Cepat Saji
Ilustrasi makanan cepat saji Foto: Pixabay
Menyantap makanan cepat saji memang paling sedap denga soda, betul? Sayangnya, kombinasi menu santap siang ini justru akan membuat tubuhmu merasa lemas.
ADVERTISEMENT
Ini karena makanan cepat saji banyak mengandung karbohidrat dan lemak (seperti pada hamburger atau kentang goreng). Sedangkan, minuman bersoda mengandung kandungan gula yang sangat tinggi.
Sama seperti kombinasi menu-menu sebelumnya, kombinasi makanan cepat saji dengan minuman soda, tidak akan membuat tubuh menjadi bersemangat. Asupan keduanya justru akan membuat proses metabolisme dalam tubuh cenderung melambat.
4. Ayam goreng tepung dan kentang goreng
Thai Pop Chicken - Popeyes Singapura
Ilustrasi ayam goreng tepung dan kentang goreng Foto: Mela Nurhidayati/kumparan
Kombinasi makanan yang diproses denga cara digoreng secara deep-fry; seperti kentang goreng dan ayam goreng, bisa menyebabkan badan terasa lebih lemas.
Ini karena, kandungan lemak jenuh pada minyak akan menyebabkan proses pencernaan bekerja lebih keras. Sehingga, berdampak pada terkurasnya energi di dalam tubuh. Selain bikin lemas, asupan minyak yang terlalu banyak juga bisa menimbulkan rasa haus berlebihan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan