Food & Travel
·
19 Juli 2021 15:55
·
waktu baca 2 menit

4 Strategi Belanja Bahan Makanan Online selama Pandemi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
4 Strategi Belanja Bahan Makanan Online selama Pandemi (37004)
searchPerbesar
Bahan makanan habis selama PPKM Darurat? Ini strategi belanja di pasar online! Foto: Shutterstock.
Selama pandemi, belanja bahan makanan secara online kerap jadi pilihan utama, apalagi sejak pemerintah menetapkan PPKM Darurat yang membuat masyarakat harus tetap berada di rumah aja.
Tren belanja bahan makanan online semakin menjamur karena dinilai lebih rendah risiko terhadap penyebaran COVID-19. Hanya dengan mengisi data alamat, bahan makanan akan sampai di depan pintu. Semua dilakukan tanpa perlu antre atau berkerumun di pasar.
Memang benar menguntungkan, tetapi ini juga berarti kita tidak dapat memilih sendiri bahan makanan secara selektif. Alhasil, ditemukan banyak komplain tentang kualitas yang kurang terjaga. Belum lagi dengan kekhawatiran produksi atau distribusi yang tidak mengindahkan protokol kesehatan. Memikirkan hal ini tentunya jadi semakin waswas atau malah membuat kita jadi ragu.
Eits, sudah dulu khawatirnya! Ternyata ada 4 cara ampuh yang bisa buat kamu semakin yakin atas keamanan, kualitas, dan kebersihan belanja bahan makanan secara online. Apa saja?

1. Rencanakan waktu belanja, minimal satu hari sebelumnya

4 Strategi Belanja Bahan Makanan Online selama Pandemi (37005)
searchPerbesar
Siapkan waktu untuk membuat daftar belanjaan yang sesuai, supaya tidak berlebih dan mubazir! Foto: Shutterstock.
Sebelum buru-buru memilih belanja secara acak, lakukan list down dari bahan makanan yang masih tersisa di rumah. Hal ini dapat memudahkanmu saat akan menentukan jenis dan jumlah bahan makanan yang ingin dibeli.
Pastikan kamu memberikan jeda waktu sebelum bahan makanan benar-benar habis. Jangan sampai jadi panic buying, lalu berujung tidak puas karena salah memilih tempat. Sediakan waktu setidaknya satu hari sebelum untuk melakukan riset dan perbandingan. Untuk kualitas yang terbaik, berikan waktu yang terbaik juga, ya!

2. Ketahui dulu cara menerima pesanan yang tepat

4 Strategi Belanja Bahan Makanan Online selama Pandemi (37006)
searchPerbesar
Jangan lupa protokol kesehatan, ya! Foto: Shutterstock.
Supaya aman dan nyaman untuk kedua belah pihak, kamu perlu mengetahui cara menerima pesanan dari kurir. Sebab, virus corona ternyata bisa bertahan selama dua sampai tiga hari pada permukaan plastik atau stainless steel.
Maka dari itu, pastikan kamu memiliki sarung tangan khusus untuk menerima belanjaan. Dilansir The New England Journal of Medicine, memakai sarung tangan sekali pakai dapat lebih efektif untuk menghindari kontak virus ketimbang sarung tangan reusable.
Selanjutnya, cuci tangan dan keluarkan bahan makanan satu-persatu. Sambil dikeluarkan, kamu bisa mengecek kualitas dan mencucinya.

3. Temukan tempat berbelanja yang dekat supaya pengiriman tidak lama

4 Strategi Belanja Bahan Makanan Online selama Pandemi (37007)
searchPerbesar
Belanja lebih mudah dan tetap murah bersama Pasar.id. Dok. Instagram/pasarid_bri.
Untuk menjawab permasalahan masyarakat Indonesia soal berbelanja bahan makanan secara online di masa pandemi, BRI menginisiasi kolaborasi bersama platform belanja Pasar.id, tempat belanja bahan pangan online yang mudah dan nyaman bagi seluruh masyarakat.
Teknologi Global Positioning System (GPS) yang akurat membuatmu dapat menemukan pasar terdekat. Jika jarak tempuhnya dekat, tentunya pengiriman akan menjadi lebih hemat waktu dan biaya. Hal ini ikut memengaruhi kualitasnya, karena bahan makanan yang akan kamu terima juga pasti lebih fresh.
Lengkap dengan detail penjual dan dagangannya, Pasar.id memberikan pengalaman berbelanja bahan makanan online menjadi lebih terjamin dan selektif.
Per Juni 2021, Pasar.id telah memberikan akses bagi pelanggan untuk belanja ke 6.274 pasar dengan 104.579 pedagang (pihak penjual) di seluruh Indonesia. Hingga kini, ekspansi pun masih terus dilakukan guna menjangkau wilayah yang lebih luas. Untuk mengetahui pasar yang paling dekat dengan kamu, coba lihat di sini.

4. Gunakan pembayaran cashless dan cardless

4 Strategi Belanja Bahan Makanan Online selama Pandemi (37008)
searchPerbesar
#CaraBaru Belanja di Pasar Lebih Mudah Pakai BRI. Cari pasar terkdekatmu di Pasar.id! Dok. BRI.
Bermitra dengan BRI, seluruh bentuk transaksi pembayaran belanja di Pasar.id akan langsung ke penjual secara cashless dan cardless. Ya, semua dapat dilakukan dengan transfer online via BRI. Tentu sangat mudah dan aman, bukan?
Itulah empat strategi yang dapat kamu lakukan ketika waktu belanja mingguan atau bulanan tiba. Tanpa perlu tatap muka, BRI dan Pasar.id menyuguhkan #CaraBaru belanja bahan makanan secara online di masa pandemi.
Selain aman untuk kamu dan anggota keluarga di rumah, belanja di Pasar.id juga mendukung geliat bisnis pasar tradisional, lho. Jadi, tunggu apa lagi?
Segera belanja di Pasar.id! Info selengkapnya, lihat di sini atau follow Instagram Pasar.id.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan BRI Simpedes