kumparan
search-gray
Food & Travel17 Januari 2019 19:43

4 Tips Menyimpan Makanan Matang di Kulkas agar Tahan Lama

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi menyimpan makanan sisa di kulkas.
Ilustrasi menyimpan makanan sisa di kulkas. (Foto: Pixabay)
Buat kamu yang hobi masak, pasti kerap berteman dengan makanan sisa. Misalnya saja kamu menjajal resep keluarga yang takarannya untuk tiga sampai empat orang, sementara kamu hanya makan untuk porsi berdua.
ADVERTISEMENT
Belum lagi ketika kamu dapat kiriman dari orang tertentu atau mungkin keluarga di luar kota. Makanan seperti rendang, sambal kentang, dan semacamnya pasti harus disimpan sehingga bisa jadi menu makan siang atau malam kamu untuk beberapa waktu.
Sebenarnya bila disimpan dengan benar, makanan matang bisa tahan lama, kok! Kali ini kumparanFOOD sudah menyiapkan beberapa tips dan trick menyimpan makanan matang di kulkas agar lebih tahan lama. Yuk, disimak!
1. Pilih wadah penyimpanan yang baik
Ilustrasi menyimpan makanan sisa.
Ilustrasi menyimpan makanan sisa. (Foto: Shutterstock)
Wadah penyimpanan baiknya berbahan plastik atau kaca. Pastikan juga tutupnya rapat. Apabila makanan sudah tak layak konsumsi, wadah yang tertutup rapat juga bisa menghalangi mikroba menjalar ke makanan lain di kulkas.
2. Atur posisi penyimpanan
Ilustrasi menyimpan makanan sisa.
Ilustrasi menyimpan makanan sisa. (Foto: Shutterstock)
Simpan makanan matang dalam kulkas pada posisi rak di atas bahan makanan mentah. Khusus untuk penyimpanan metode ini, pastikan porsi dan jenis makanannya cocok untuk dikonsumsi sekitar tiga sampai lima hari saja.
ADVERTISEMENT
3. Perhatikan waktu penyimpanan
Ilustrasi menyimpan makanan sisa.
Ilustrasi menyimpan makanan sisa. (Foto: Shutterstock)
Sebenarnya, makanan matang tahan disimpan dalam freezer hingga dua sampai tiga bulan. Itu pun dengan cara menyimpan yang tepat seperti di jelaskan di poin sebelumnya. Sebaiknya bila lewat dari tiga bulan, makanan tidak dikonsumsi lagi.
Sementara itu untuk kue atau makanan yang terbuat dari krim, keju, dan telur sebaiknya hanya disimpan dalam jangka waktu tiga hari.
4. Tulis tanggal penyimpanan
com-Kulkas Penuh
com-Kulkas Penuh (Foto: Thinkstock)
Kita kerap lupa kapan waktu menyimpan makanan. Untuk itu, beri label yang berisi tanggal penyimpanan di wadah makanan. Jangan sampai kamu mengkonsumsi makanan yang lewat dari batas waktu penyimpanan yang telah ditentukan.
Selain menyimpan makanan sisa secara baik dan benar, ada baiknya kamu juga memperhatikan porsi makan harian. Hindari menyetok makanan terlalu banyak sehingga kamu pun tidak perlu membuang-buang makanan di kemudian hari.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white