Food & Travel
·
18 September 2020 12:40

5 Alasan Frozen Food Bisa Jadi Pilihan Makanan Tepat Selama Pandemi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Alasan Frozen Food Bisa Jadi Pilihan Makanan Tepat Selama Pandemi (31289)
Ilustrasi membekukan makanan di dalam freezer Foto: Shutterstock
Sejak pandemi COVID-19, minat masyarakat terhadap makanan beku atau frozen food semakin meningkat. Kembalinya PSBB mendorong orang-orang untuk tetap berada di rumah dan menghindari tempat umum, seperti kafe atau restoran. Akibat kebijakan tersebut, beberapa orang mencari alternatif untuk tetap dapat menikmati makanan enak, yaitu dengan membeli versi frozen food.
ADVERTISEMENT
Tren frozen food ini juga mendorong munculnya berbagai jenis makanan beku dengan kualitas, rasa serta bentuk baru. Dilansir dari rilis yang kumparan terima (15/9), berikut lima alasan mengapa frozen food menjadi pilihan makanan yang tepat di tengah PSBB:

1. Makanan praktis

5 Alasan Frozen Food Bisa Jadi Pilihan Makanan Tepat Selama Pandemi (31290)
makanan beku Foto: Shutterstock
Setiap frozen food mempunyai cara penyajian yang berbeda-beda. Namun, satu yang hal sama, frozen food merupakan makanan yang mudah diolah. Kamu tinggal menggoreng, mengukus, menumis, atau menghangatkan makanan beku ini sebelum disantap.
Proses pengolahannya lebih singkat daripada memasak bahan mentah. Bumbu-bumbu nikmat khas tempat makan juga sudah tercampur langsung dalam makanan beku siap saji tersebut.

2. Bernutrisi

5 Alasan Frozen Food Bisa Jadi Pilihan Makanan Tepat Selama Pandemi (31291)
Aneka Olahan Frozen Food. Foto: Shutter Stock
Mitos bahwa frozen food selalu memiliki kandungan nutrisi yang rendah ternyata tidak benar. Beberapa produk makanan siap saji dari sayuran dan buah beku dapat memiliki nutrisi yang lebih tinggi daripada makanan biasa.
ADVERTISEMENT
The Academy of Nutrition and Dietetics Amerika Serikat menemukan, bahwa frozen food dapat menyimpan kandung vitamin dan mineral, serta tidak mengubah kandungan karbohidrat, protein, dan lemak di dalamnya. Buah dan sayuran yang langsung dibekukan setelah dipetik akan memiliki kandungan nutrisi yang lebih utuh ketimbang disimpan dalam suhu ruang.

3. Tahan lama

5 Alasan Frozen Food Bisa Jadi Pilihan Makanan Tepat Selama Pandemi (31292)
Ilustrasi makanan di dalam freezer. Foto: Shutter Stock
Frozen food dapat bertahan lebih lama beberapa bulan dibanding jenis makanan lain. Selain tahan lama, produk frozen food kini juga sudah banyak yang bebas dari bahan pengawet kimia.
“Frozen food sekarang sudah semakin dilirik oleh konsumen sebagai salah satu pilihan makanan yang populer. Apalagi sekarang konsumen juga sudah mulai memahami bahwa frozen food itu tidak melulu soal penggunaan bahan pengawet,” ungkap Adhia Absar, founder Umara Group.
ADVERTISEMENT

4. Beragam jenis makanan

5 Alasan Frozen Food Bisa Jadi Pilihan Makanan Tepat Selama Pandemi (31293)
Ilustrasi menyimpan makanan dalam freezer Foto: Shutter Stock
Setelah tren frozen food semakin populer, pilihan makanan juga semakin beragam. Tidak hanya sebatas goreng-gorengan, produk frozen food kini banyak yang menyajikan pilihan makanan berbeda, dari jenis makanan rumahan sampai resto.
Muncul inovasi frozen food untuk lauk-lauk, sayuran bahkan makanan berkuah. Selain praktis, jenis baru frozen food ini memungkinkan kamu untuk mencoba berbagai hidangan lezat tanpa harus mahir memasak.

5. Higienis

5 Alasan Frozen Food Bisa Jadi Pilihan Makanan Tepat Selama Pandemi (31294)
Ilustrasi memasak Foto: Shutter Stock
Frozen food umumnya dibuat dan disimpan dalam wadah kedap udara. Hal ini menjamin makanan dapat sampai ke konsumen dalam keadaan aman dan bersih dari bakteri atau virus. Selain untuk alasan kebersihan, makanan yang kedap udara juga dapat menghentikan proses pembentukan bakteri dan mampu menjaga kadar nutrisinya.
ADVERTISEMENT
Reporter: Natashia Loi