Food & Travel
·
20 Agustus 2020 18:07

5 Alasan Mengapa Kita Perlu Mengonsumsi Susu

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Alasan Mengapa Kita Perlu Mengonsumsi Susu (192152)
Selain bermanfaat untuk tumbuh kembang anak, susu juga menunjang kesehatan saat kita dewasa. Foto: Shutterstock
Kamu pasti sudah tak asing dengan slogan "Empat Sehat Lima Sempurna" yang sering digaungkan agar nutrisi tubuh selalu tercukupi. Konsep tersebut menekankan pentingnya empat golongan makanan berupa sumber kalori, protein, vitamin, dan mineral. Empat Sehat itu dilengkapi oleh susu, yang menjadikannya Lima Sempurna.
Sayangnya, minum susu selama ini identik hanya untuk anak. Padahal, susu juga sarat akan zat gizi untuk pertumbuhan dan kepadatan tulang, baik pada anak-anak maupun orang dewasa.
Dilansir healthline, dalam satu cangkir susu terkandung protein, kalsium, vitamin, kalium, fosfor, omega-3, dan nutrisi penting lain yang tidak tercakup dalam makanan. Tak hanya itu, berikut 5 alasan mengapa kamu perlu mengonsumsi susu:

1. Susu dapat mengurangi stres

5 Alasan Mengapa Kita Perlu Mengonsumsi Susu (192153)
Kandungan lactium dalam susu dapat bekerja sebagai reseptor di otak untuk membantu mengendalikan kecemasan dan stres. Foto: Shutterstock
Ada banyak cara untuk mengurangi stres, misalnya melakukan hobi, mengobrol bersama teman, atau meminum segelas susu. Ya, kandungan lactium dalam susu dapat bekerja sebagai reseptor di otak untuk membantu mengendalikan kecemasan dan stres.
Tak hanya itu, susu juga mengandung senyawa tryptophan yang akan dikonversi menjadi hormon serotonin. Hormon ini merupakan hormon bahagia yang dapat mengatur suasana hati.

2. Susu dapat menjaga kesehatan kulit

5 Alasan Mengapa Kita Perlu Mengonsumsi Susu (192154)
Kandungan vitamin dan mineral esensial yang terdapat dalam susu dapat menjaga kesehatan kulit. Foto: Shutterstock
Susu bukan sekadar menjaga kesehatan tubuh dari dalam, melainkan juga dari luar. Kandungan vitamin dan mineral esensial yang terdapat dalam susu dapat menjaga kesehatan kulit.
Susu mengandung asam laktat yang bertindak sebagai exfoliant dan enzim yang membantu menenangkan kulit. Selain itu, asam amino dalam susu juga dapat menjaga kulit tetap lembab.

3. Susu menjaga kesehatan tulang

5 Alasan Mengapa Kita Perlu Mengonsumsi Susu (192155)
Susu dapat menjaga kesehatan tulang pada anak-anak maupun orang dewasa. Foto: Shutterstock
Dari anak-anak hingga orang dewasa, susu dapat menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi susu pada masa anak-anak dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi.
Kesehatan tulang menjadi salah satu kunci untuk tetap aktif dan sehat di masa tua. Dalam penelitian yang dilansir healthline, susu dapat mengurangi risiko osteoporosis dan patah tulang, terutama pada orang dewasa. Kandungan protein dalam susu juga dapat mencegah tulang keropos.

4. Susu membuat pencernaan lancar

5 Alasan Mengapa Kita Perlu Mengonsumsi Susu (192156)
Selain mencegah insomnia, minum susu sebelum tidur juga melancarkan buang air besar saat pagi hari. Foto: Shutterstock
Minum susu sebelum tidur tak hanya mencegah insomnia, tapi juga melancarkan buang air besar di pagi hari. Kandungan fosfor dalam susu dapat menstimulasi pencernaan vitamin B2 dan vitamin B3.
Mineral fosfor juga dapat mengurangi gejala gangguan saluran pencernaan, misalnya kembung dan indigesti. Jadi, usahakan minum segelas susu sebelum tidur, ya!

5. Susu dapat meningkatkan kesehatan jantung

5 Alasan Mengapa Kita Perlu Mengonsumsi Susu (192157)
Kandungan zat gizi yang terdapat dalam susu dapat menunjang berbagai kesehatan organ tubuh, salah satunya kesehatan jantung. Foto: Shuttertock
Kandungan zat gizi yang terdapat dalam susu dapat menunjang berbagai kesehatan organ tubuh, salah satunya kesehatan jantung.
Dilansir Dairy Nutrition Canada, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi susu dapat mengatasi risiko kardiovaskular hingga 10 persen. Kandungan magnesium dan kalium dalam susu berperan sebagai vasodilator untuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah ke organ vital, dan mengurangi stres pada sistem kardiovaskular.
Itulah lima alasan kenapa kamu perlu mengonsumsi susu. Meski banyak produk yang beredar di pasaran, tak perlu bingung. MilkLife dapat menjadi pilihan susu yang tepat.
Langsung diproses dari peternakan sapi Frisian Holstein bahagia di Australia, MilkLife menghadirkan susu sapi berkualitas yang kesegarannya selalu terjaga, kualitasnya konsisten, rasanya enak, serta nutrisinya sehat dan seimbang. MilkLife juga mengandung protein lebih tinggi dengan kandungan lemak dan kolesterol yang lebih rendah, jika dibandingkan dengan produk sejenis. Menariknya, MilkLife Pure memiliki kandungan kalsium 30% AKG sehingga dapat memenuhi nutrisi harian tubuh.
5 Alasan Mengapa Kita Perlu Mengonsumsi Susu (192158)
Langsung diproses dari peternakan sapi Frisian Holstein bahagia di Australia, MilkLife menghadirkan susu berkualitas yang kesegarannya selalu terjaga dan rasanya enak. Foto: dok. MilkLife
Susu pasteurisasi MilkLife dapat menjadi pilihan karena telah melalui proses pemanasan singkat, sehingga rasanya lebih nikmat dan segar. Kini MilkLife hadir dengan 3 varian yaitu varian Pure, Chocolate, dan Lactose Free.
MilkLife Lactose Free (bebas laktosa) merupakan susu bebas laktosa pertama di Indonesia, diformulasikan menggunakan proses enzimatis, sehingga laktosa (gula dalam susu) diubah menjadi galaktosa dan glukosa yang aman bagi pencernaan, terutama untuk kamu yang memiliki intoleransi laktosa. Kini konsumen lactose intolerant tak perlu khawatir saat menikmati produk dairy.
Sebagai susu pasteurisasi, MilkLife tersedia dalam dua ukuran, 1000 ml yang cocok untuk dikonsumsi bersama keluarga dan 200 ml agar mudah dibawa.
MilkLife juga banyak dipakai untuk penggunaan kopi, bakery, atau hot kitchen sebagai bahan tambahan untuk menciptakan rasa yang istimewa. Sebab, MilkLife telah bekerja sama dengan beberapa konsultan horeka di bidangnya untuk menghadirkan produk susu yang sesuai standar internasional.
MilkLife diolah langsung dari peternakan yang terintegrasi dengan pabrik di satu lokasi dan melalui pemrosesan berstandar internasional, lho. Jadi, kamu tak perlu khawatir soal kualitas susu ini.
Tak perlu bingung bagaimana caranya mendapatkan MilkLife, kamu bisa membelinya di Blibli dengan klik di sini. Mulai sekarang, yuk biasakan minum susu setiap hari agar nutrisimu selalu terpenuhi!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan MilkLife