Food & Travel
·
6 Oktober 2020 10:11

5 Buah Eksotis Asia yang Kaya Manfaat Kesehatan, dari Durian sampai Nangka

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Buah Eksotis Asia yang Kaya Manfaat Kesehatan, dari Durian sampai Nangka (579182)
ilustrasi durian Foto: Shutterstock
Berada di wilayah tropis, Indonesia memiliki kekayaan jenis buah-buahan yang amat beragam. Mulai dari bercita rasa segar hingga manis nan legit. Bahkan beberapa jenis buah eksotis juga ada, lho.
ADVERTISEMENT
Dilansir Healthline, beberapa jenis buah-buahan tersebut bukan hanya unik melainkan juga kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja buah tersebut? Berikut buah-buahan tropis nan eksotis, yang mudah ditemukan di Indonesia, dan manfaat kesehatannya.

1. Durian

5 Buah Eksotis Asia yang Kaya Manfaat Kesehatan, dari Durian sampai Nangka (579183)
Ilustrasi Biji Durian Foto: Shutterstock/SEE D JAN
Di Asia Tenggara durian sebagai "raja buah" yang tersebar di beberapa negara sekitar; seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Filipina. Meski baunya menyengat, daging durian kaya akan kalium, serat, zat besi, dan vitamin B. Bahkan saat matang buah ini mengandung antioksidan yang tinggi.
Studi yang diterbitkan dalam kumpulan jurnal PubMed (2010) menemukan bahwa kulit berduri pada durian memiliki sifat pereda batuk dan antibiotik. Namun, selain banyak manfaat, buah durian ternyata mengandung kalori tinggi. Jadi, bagi kamu yang sedang menjaga berat badan, pastikan konsumsi durian tidak berlebih, ya.
ADVERTISEMENT

2. Rambutan

5 Buah Eksotis Asia yang Kaya Manfaat Kesehatan, dari Durian sampai Nangka (579184)
Buah rambutan di Malaysia Foto: Azalia Amadea/ kumparan
Berasal dari Malaysia dan Indonesia, buah ini sekarang juga sudah dapat ditemukan di negara Asia Tenggara lainnya. Dalam jurnal Sains Malaysiana (2014), menemukan kalau seluruh bagian rambutan dari biji, kulit, dan daging buah mengandung antioksidan tingkat tinggi; seperti flavonoid dan polifenol. Senyawa tersebut dapat membantu melindungi diri dari penyakit seperti kanker. Daging rambutan juga kaya akan zat besi, kalsium, dan fosfor, kumpulan mineral yang membangun kekuatan tulang.

3. Buah naga

5 Buah Eksotis Asia yang Kaya Manfaat Kesehatan, dari Durian sampai Nangka (579185)
Buah Naga Merah dan Putih. Foto: Shutter Stock
Buah ini awalnya berasal dari Amerika Tengah, namun sekarang telah menjadi salah satu tanaman produksi Vietnam. Buah naga juga ada di Thailand, Selandia Baru, Australia, Indonesia, dan Hawaii.
Buah naga mengandung antioksidan seperti karotenoid, serat, dan vitamin C yang tinggi. Cocok untuk menjaga sistem imun tubuh dari penyakit, khususnya di tengah pandemi ini. Sebuah studi yang diterbitkan PubMed tahun 2010, menemukan bahwa antioksidan dalam buah naga dapat membantu menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah.
ADVERTISEMENT

4. Manggis

5 Buah Eksotis Asia yang Kaya Manfaat Kesehatan, dari Durian sampai Nangka (579186)
Buah manggis. Foto: Shutter Stock
Salah satu buah kaya nutrisi lainnya, adalah manggis. Buah ini mudah ditemukan di Asia Tenggara, di negara-negara seperti Cina, Kamboja, Thailand, Malaysia, dan Indonesia.
Seluruh bagian buah dari kulit buah berwarna ungu, daging buah, biji pahit, dan kulit batang, telah digunakan untuk tujuan pengobatan. Dalam pengobatan tradisional Asia, buah ini bermanfaat untuk melawan infeksi dan menyembuhkan luka, dikutip dari penelitian dalam jurnal PubMed pada tahun 2008. Buah yang akan vitamin C ini juga dapat membantu infeksi saluran kemih, diare, atau eksim, dan tentunya cocok untuk menjaga daya tahan tubuh..

5. Nangka

5 Buah Eksotis Asia yang Kaya Manfaat Kesehatan, dari Durian sampai Nangka (579187)
Ilustrasi biji nangka Foto: Dok. Shutter Stock
Jurnal PubMed tahun 2011 menemukan bahwa buah tropis ini penuh dengan serat, serta dapat membantu menjaga pencernaan dan kondisi tubuh tetap sehat. Nangka merupakan buah asli dari India yang sekarang mudah ditemukan di Asia Tenggara.
ADVERTISEMENT
Daging buahnya memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antibakteri. Sementara bijinya mengandung sumber vitamin B yang membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Buah yang juga mudah ditemukan di Indonesia ini, mengandung gizi yang dapat menjaga daya tahan di masa pandemi sekarang.
Nah, itulah tadi lima buah eksotis yang kaya manfaat dan tentunya mudah kita temukan di Indonesia. Jadi, kamu lebih suka makan buah yang mana?
Reporter: Natashia Loi