kumparan
search-gray
Food & Travel19 Juli 2020 16:16

5 Efek Samping dari Tidak Cukup Minum Air Putih

Konten Redaksi kumparan
5 Efek Samping dari Tidak Cukup Minum Air Putih (54774)
Perbanyak minum air putih Foto: Pixabay
Musim panas membuat tubuh kita lebih mudah kekurangan cairan, sehingga rasanya ingin selalu menenggak segelas air putih. Terlebih bagi kamu yang hobi berjalan kaki atau olahraga, tentu membutuhkan asupan air minum yang lebih banyak untuk selalu menjaga stok cairan dalam tubuh.
ADVERTISEMENT
Dilansir Eat This, ahli nutrisi Sakiko Minagawa , MS, RDN, LD mengatakan bahwa konsumsi air yang cukup sangat penting untuk menjalankan fungsi tubuh secara normal; dan tidak mendapatkan cukup air putih dapat membuat tubuhmu tidak seimbang dan bahkan mudah terserang penyakit.
Umumnya kamu dianjurkan untuk mengonsumsi minimal delapan gelas per hari. Namun hal ini tergantung juga dengan intensitas kegiatan; semakin padat kegiatanmu dan semakin tubuh sering bergerak, maka semakin banyak pula asupan air minum yang kamu butuhkan.
Jika asupannya tak terpenuhi, maka keseimbangan fungsi tubuh pun berkurang. Lalu, bisa menimbulkan masalah lainnya. Maka itu, yuk ketahui lebih lengkap soal efek samping dari kurang minum air putih berikut ini:

1. Sering merasa gerah karena kurang air putih

5 Efek Samping dari Tidak Cukup Minum Air Putih (54775)
Ilustrasi sering gerah sebagai tanda hamil Foto: Pixabay
Efek samping pertama dari kurangnya asupan air putih adalah mudah merasa gerah. Berkeringat merupakan proses alami untuk menurunkan dan menstabilkan kembali suhu tubuh. Tanpa stok cairan yang cukup, tubuh tidak dapat memproduksi keringat sehingga akibatnya suhu tubuh pun meningkat yang membuatmu merasa gerah.
ADVERTISEMENT

2. Tekanan darah menurun

5 Efek Samping dari Tidak Cukup Minum Air Putih (54776)
Ilustrasi Pemeriksaan Tekanan Darah Foto: Shutterstock
Minagawa mengatakan, dehidrasi terjadi terutama karena penurunan volume plasma --yang merupakan bagian cair dari darah yang mengandung protein-- dan sebagai hasilnya, tekanan darah juga menurun.

3. Mual dan muntah

5 Efek Samping dari Tidak Cukup Minum Air Putih (54777)
Ilustrasi mual Foto: Shutterstock
Akibat suhu tubuh yang meningkat karena tak memiliki stok cairan yang cukup, lalu ditambah menurunnya tekanan darah, dan peningkatan denyut jantung; maka efek samping selanjutnya dari tidak cukup minum air adalah munculnya rasa mual dan keinginan untuk muntah.

4. Keram otot

5 Efek Samping dari Tidak Cukup Minum Air Putih (54778)
Ilustrasi Kaki Keram pada Ibu Hamil Foto: Shutterstock
Berkeringat dapat menyebabkan penurunan volume plasma dan kadar elektrolit (natrium dan kalium), yang berakibat timbulnya keram otot. Hal ini biasanya sering terjadi pada mereka yang berolahraga.

5. Sembelit

5 Efek Samping dari Tidak Cukup Minum Air Putih (54779)
Ilustrasi wanita sembelit (cover) Foto: Shutter Stock
Minum air putih dapat membantu mengalirkan makanan ke sistem pencernaan kita. Jika tubuh kekurangan air, maka timbul gangguan pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white