kumparan
2 Februari 2018 18:48

5 Efek Samping Makan Durian Terlalu Banyak

Ilustrasi durian (Foto: Pixabay)
Selain memiliki aroma yang unik, durian juga memiliki rasa legit dan manis yang khas. Hal itulah yang menjadikan buah satu ini diburu oleh para penikmatnya.
ADVERTISEMENT
Namun, siapa sangka di balik kelezatannya, ternyata durian menyimpan sederet bahaya kesehatan. Terutama, jika dikonsumsi terlalu banyak dengan kondisi buah dalam keadaan terlalu matang.
Durian yang terlalu matang mengandung alkohol dan jika dikonsumsi secara berlebihan akan memicu beragam penyakit. Lantas penyakit apa saja yang ditimbulkan?
Seorang dokter gizi yang membuka praktik di RS Siloam Jakarta, Dr Inge Permadhi, SpGK menjelaskan sedikitnya lima jenis efek samping bahaya dari makan banyak
Berikut kumparan (kumparan.com) rangkum sederet penyakit yang disebabkan oleh mengkonsumsi durian terlalu banyak:
1. Kolesterol Tinggi
5 Fakta Menarik tentang Durian (Foto: Dok, pixabay)
Durian yang telalu matang memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Memakannya secara berlebihan akan memancing kadar kolesterol naik.
Kolesterol tinggi dapat memicu beragam penyakit kronis, seperti asam urat dan penumpukan plak pada pembuluh darah yang akan berujung pada stroke dan gagal jantung.
ADVERTISEMENT
"Durian sebenarnya sehat, mengandung lemak nabati yang baik untuk tubuh. Namun, buah ini cenderung memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Hal inilah yang menyebabkan kolesterol tinggi," ujar Dr Inge Permadhi, SpGK saat dihubungi kumparan (kumparan.com), Kamis (1/2).
2. Jantung Berdebar
5 Fakta Menarik tentang Durian (Foto: Dok, pixabay)
Saat mengkonsumsi durian secara berlebihan, kandungan alkohol dan lemak tak jenuh didalamnya akan membuat detak jantung terpacu lebih cepat.
Kondisi tersebut akan semakin parah jika dialami oleh penderita penyakit jantung. Oleh sebab itu, sebaiknya penderita penyakit jantung membatasi mengkonsumsi durian.
"Apabila makan durian terus menerus, alkohol yang ada didalamnya akan mempercepat pacu jantung," jelasnya.
3. Memicu Obesitas
5 Fakta Menarik tentang Durian (Foto: Dok, pixabay)
Tak hanya mengandung lemak tak jenuh, durian juga kaya akan gula alami, yaitu fruktosa dan sukroksa. Sehingga jika dikonsumsi terlalu banyak maka akan menyebabkan obesitas.
ADVERTISEMENT
Oleh sebab itu, Dr Inge menganjurkan untuk memilih asupan makanan dengan gizi yang seimbang agar mencegah timbulnya risiko obesitas.
4. Menyebabkan Diabetes
5 Fakta Menarik tentang Durian (Foto: Dok, pixabay)
Penyakit diabetes melitus merupakan penyakit kronis yang akan timbul jika mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula terlalu banyak. Salah satunya durian.
Jika sudah terjadi, maka akan berisiko munculnya beragam komplikasi pada jantung, pembuluh darah, mata, ginjal, hingga saraf.
"Durian itu mempunyai rasa manis, nah rasa manisnya itu yang bisa memicu diabetes melitus. Apalagi jika terus dikonsumsi terus menerus, sebaiknya batasi," katanya lagi.
5. Menantang Kerja Pankreas
Durian Musang (Foto: Shutter Stock)
Dokter yang juga membuka praktik di RS Siloam ini mengungkapkan bahwa durian yang telah mengarak atau terlalu matang mengandung alkohol. Dan jika terus dikonsumsi akan memicu beragam penyakit, salah satunya membuat lelah kerja pankreas.
ADVERTISEMENT
"Kandungan gula yang terdapat pada durian terlalu matang, akan membuat kerja pankreas semakin keras untuk menghasilkan insulin, jika dibiarkan, dapat memicu kerusakan sel-sel pada pankreas yang berujung pada obesitas," pungkasnya.
Bagaimana menurutmu? Masih inginkah makan durian terlalu banyak?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan