kumparan
22 Maret 2018 17:37

5 Festival Makanan Terbesar di Dunia

Festival Makanan Terbesar di Seluruh Dunia (Foto: Instagram dk_travel)
Berbagai negara memiliki festival makanan yang kerap diadakan sebagai salah satu cara untuk menarik wisatawan. Selain memperkenalkan kuliner khasnya, festival makanan juga biasa dilakukan sebagai bentuk rasa syukur terhadap hasil panen yang melimpah.
ADVERTISEMENT
Misalnya saja Festival Pahiyas di Filipina yang dilakukan dengan menghias rumah masing masing penduduk menggunakan hasil panen mereka. Tak hanya itu, berbagai festival bertema makanan juga kerap diadakan di negara lain.
Bahkan, beberapa di antaranya telah menjadi tradisi sebuah negara yang turut menampilkan budaya negara tersebut. Dirayakan secara besar-besaran, beragam festival makanan biasanya dilakukan selama beberapa hari.
Dilansir Food Network, berikut lima festival makanan terbesar di seluruh dunia:
1. Mooncake Festival, China
Loading Instagram...
Dikenal juga dengan nama Festival Musim Gugur, biasanya acara ini diadakan pada hari ke-15, bulan ke delapan di kalender Tionghoa. Dalam festival ini, para keluarga akan memberikan seserahan kepada Dewi Bulan, Chang'e sebagai bentuk rasa syukur mereka dalam merayakan tahun panen.
ADVERTISEMENT
Biasanya, perayaan akan dimulai dengan memakan kue bulan yang terbuat dari pasta bunga teratai dan berisi kuning telur secara bersama-sama. Lalu, anak-anak akan membawa lampion untuk merayakannya. Festival ini dirayakan di beberapa negara Asia termasuk China, Vietnam, Singapura, dan Taiwan.
2. Pahiyas Festival, Filipina
Loading Instagram...
Dirayakan setiap bulan Mei di Kota Lucban, Filipina, festival ini dilakukan sebagai bentuk terima kasih kepada Saint Isidro de Labrador, yakni santo pelindung para petani di sana. Kemeriahan dalam festival ini dapat terlihat dari rumah penduduk yang dihiasi oleh berbagai hasil pertanian dengan aneka warna dan bentuk.
Dekorasi tersebut umumnya terbuat dari buah dan sayuran yang dibentuk menyerupai bunga, rangkaian produk sosis lokal, dan campuran tepung beras yang diwarnai kuning cerah lalu dikukus menggunakan daun pisang.
ADVERTISEMENT
3. Festival Pizza, Italia
Loading Instagram...
Apakah kamu pecinta pizza? Jika iya, maka kamu harus datang ke Naples, Italia pada bulan September agar bisa menyantap pizza sepuasnya. Ya, festival yang diadakan selama lima hingga tujuh hari ini merupakan festival pizza terbesar di Italia.
Pembuat pizza dari seluruh dunia akan berkompetisi dengan pembuat pizza lokal di Italia, lalu meja-meja akan ditata sehingga orang-orang dapat duduk dan menikmati berbagai variasi pizza yang dibuat. Pada akhir festival, juri akan menilai sajian pizza terbaik berdasarkan pendapat dari pengunjung festival. Acara ini ini biasanya digelar di Fuorigrotta, tepat di samping stadion San Paolo.
4. Savour, Singapura
Tak perlu jauh-jauh ke Eropa, karena salah satu festival makanan terbesar juga diadakan di negara tetangga, yakni Singapura. Savour merupakan festival hidangan gourmet yang menyajikan lebih dari 50 hidangan yang dimasak oleh restoran kelas dunia. Diadakan selama empat hari, acara ini diikuti oleh lebih dari 18 ribu pegiat kuliner, termasuk restoran Michelin dan koki selebriti.
ADVERTISEMENT
5. La Tomatina, Spanyol
Loading Instagram...
Diadakan setiap bulan Agustus, festival ini merupakan perang tomat yang dihadiri oleh ribuan orang dari seluruh penjuru dunia. Para peserta akan saling beradu lempar buah tomat.
Tomat yang dilempar sendiri sudah terlalu matang dan tidak dapat digunakan sebagai bahan masakan. Festival La Tomatina sudah berlangsung sejak tahun 1945, namun baru secara resmi dirayakan pada tahun 1975.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan