5 Ide Menu Sahur yang Terinspirasi dari Drama Korea, Sajian Kimbap Kaya Gizi!

6 Mei 2021 19:38
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
5 Ide Menu Sahur yang Terinspirasi dari Drama Korea, Sajian Kimbap Kaya Gizi! (553484)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Makan Jajangmyeon. Foto: Shutter Stock
Kamu bingung mau makan sahur apa nanti? Biasanya, dilema seperti ini kerap hadir menjelang minggu-minggu akhir di bulan puasa. Pasalnya, kadang banyak dari kita hanya ingin makanan yang praktis tapi tetap lezat juga mengenyangkan.
ADVERTISEMENT
Mengutip rilis yang kumparan terima dari VIU, ternyata ada, lho rekomendasi sajian khas Korea yang praktis dan bisa kamu buat sendiri di rumah. Apalagi, jenis sajiannya sangat cocok disantap di waktu sahur. Mudah dibuat dan dijamin akan sangat enak rasanya.
Apabila kamu merupakan pencinta drama Korea, maka tak asing lagi dengan beberapa makanan khas mereka berikut ini. Yuk, kita simak lebih lanjut beberapa rekomendasinya.

1. Bubur ayam untuk menu sahur hangat

5 Ide Menu Sahur yang Terinspirasi dari Drama Korea, Sajian Kimbap Kaya Gizi! (553485)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bubur ayam Foto: dok.shutterstock/aris setya
Siapa sangka kalau ternyata tayangan drama Korea juga sering menampilkan bubur ayam sebagai hidangan yang enak, lho. Contohnya seperti di drama Oh My Ghost, merepresentasikan bubur laiknya makanan comfort food.
Nah, bagi kamu yang malas makan nasi, tapi masih ingin yang hangat-hangat. Kamu bisa coba membuat bubur ayam jahe. Untuk membuatnya, kamu perlu menyiapkan irisan daging ayam, jahe, daun selada, garam, serta kuah kaldu. Makanan ini sangat cocok disantap kala sahur karena mengenyangkan, dan memberikan efek hangat di perut.
ADVERTISEMENT

2. Dumpling atau bakpao

5 Ide Menu Sahur yang Terinspirasi dari Drama Korea, Sajian Kimbap Kaya Gizi! (553486)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Dumpling Foto: Instagram @courtyardmumbai
Salah satu hidangan autentik di drama Korea Wok of Love adalah dumpling atau bakpao isi. Pada drama tersebut, dumpling kerap disajikan dengan kulit yang super tipis, ini agar isiannya lebih terasa nikmat dan tak mendominasi kulitnya.
Ternyata, makanan tersebut cukup memberikan efek kenyang yang lama, lho. Apalagi proses masaknya juga menyehatkan. Kalau kalian ingin makan dumpling ini untuk sahur, cukup racik saja bahan-bahannya sebelum tidur. Jadi, pas bangun sahur, tinggal dikukus lalu dihidangkan. Bagaimana tertarik?

3. Salad sehat

5 Ide Menu Sahur yang Terinspirasi dari Drama Korea, Sajian Kimbap Kaya Gizi! (553487)
zoom-in-whitePerbesar
Menu tofu salad di Shin The Korean Grill Foto: Safira Maharani/ kumparan
Selain mengonsumsi makanan yang mengenyangkan kala sahur, tentunya kita harus memastikan juga bila asupan tersebut berserat tinggi. Biasanya, sayuran dipilih sebagai sumber serat alami.
Kalau kalian pengin makan sayuran yang praktis, segar, dan lezat layaknya yang sering ada di drama Oh My Venus, bisa mencoba konsumsi salad saja. Bukan hanya berisikan sayuran, tapi salad bisa juga dikombinasi dengan beberapa buah segar, kemudian dressing khas yang membuat cita rasanya semakin kaya.
ADVERTISEMENT

4. Kimbap kaya gizi

5 Ide Menu Sahur yang Terinspirasi dari Drama Korea, Sajian Kimbap Kaya Gizi! (553488)
zoom-in-whitePerbesar
kimbap Foto: Shutterstock
Jika kebanyakan kimbap yang kita tonton pada serial drama Korea, seringkali dijadikan camilan ringan. Maka, nyatanya kimbap yang berbahan dasar nasi ini cocok dijadikan alternatif menu sahur untuk kamu yang bosan dengan makanan itu-itu saja.
Tak perlu khawatir, bila tak sempat membelinya, seporsi kimbap dapat dibuat di dapur rumah kita. Cukup isi gulungan nasi dengan lauk pauk kesukaan kamu, seperti suwiran ayam, mentimun, dan tomat. Mudah, bukan?

5. Olahan telur khas Korea

5 Ide Menu Sahur yang Terinspirasi dari Drama Korea, Sajian Kimbap Kaya Gizi! (553489)
zoom-in-whitePerbesar
Gyeran mari (telur gulung Korea) Foto: Shutterstock
Salah satu hidangan praktis dan jadi andalan orang Korea adalah gyeran mari atau telur dadar gulung. Makanan ini pastinya sudah sering kita lihat di serial drama, seperti Boys Over Flowers. Hidangan ini sangat disukai lantaran rasanya lezat dan kaya vitamin A, juga zat besi.
ADVERTISEMENT
Jika kalian merasa bosan makan telur dadar atau ceplok biasa, maka cobalah masak gyeran mari untuk menu sahur. Cukup siapkan 2 telur, wortel, daun bawang, bawang bombai, juga daging asap (jika suka). Campurkan sedikit susu, lalu masak sambil digulung hingga menyerupai gulungan sushi.
Wah ide yang cukup menarik, ya. Selain praktis, kita jadi dapat merasakan sensasi makanan Korea saat sahur. Dengan begitu kamu enggak akan bosan, kan?
Reporter: Balqis Tsabita Azkiya
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020