Food & Travel
·
20 Maret 2018 8:33

5 Jenis Bumbu dan Rempah yang Berfungsi Sebagai Antibiotik

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Jenis Bumbu dan Rempah yang Berfungsi Sebagai Antibiotik (322867)
Jahe untuk mencegah pembekuan darah (Foto: Dok.pixabay )
Antiobiotik merupakan salah satu jenis obat yang berkhasiat melawan segala jenis bakteri penyebab penyakit seperti demam dan flu. Meski dapat menyembuhkan beragam penyakit, rupanya mengkonsumsi antibiotik secara terus-menerus tak baik untuk kesehatan tubuh.
ADVERTISEMENT
Dibandingkan dengan mengkonsumsi antibiotik yang berasal dari resep dokter, terdapat sederet bahan-bahan alami yang ternyata berfungsi sebagai antibiotik alami. Apa saja? Berikut penjelasannya seperti dilansir Medical News Today:
1. Bawang putih
5 Jenis Bumbu dan Rempah yang Berfungsi Sebagai Antibiotik (322868)
Bawang putih (Foto: Pixabay)
Bawang putih telah lama dikenal sebagai salah satu bumbu yang memiliki khasiat mencegah dan menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Penelitian pun telah menemukan bahwa bawang putih dapat dijadikan obat yang mujarab untuk melawan beragam jenis bakteri, termasuk Salmonella dan Escherichia coli (E. coli).
2. Madu
5 Jenis Bumbu dan Rempah yang Berfungsi Sebagai Antibiotik (322869)
Madu (Foto: Dok. Thinkstock)
Sejak zaman Aristoteles, madu telah digunakan sebagai salep untuk mengobati luka dan infeksi, seperti luka bakar, bisul, dan luka tersayat. Sifat antibakteri yang terdapat dalam madu dapat membantu penyembuhan luka dengan membuat lapisan pelindung yang dapat mempercepat pengeringan luka. Tak hanya itu, sebuah penelitian di tahun 2011 melaporkan bahwa madu juga rupanya dapat melawan sekitar 60 jenis bakteri penyakit.
ADVERTISEMENT
3. Jahe
5 Jenis Bumbu dan Rempah yang Berfungsi Sebagai Antibiotik (322870)
Jahe mengandung antioksidan untuk kekebalan tubuh (Foto: Pixabay)
Rempah dapur yang satu ini memang telah dikenal sebagai antibiotik alami. Beberapa penelitian menunjukkan jahe memiliki kemampuan untuk melawan beragam jenis bakteri berbahaya. Selain itu, jahe juga dapat digunakan sebagai obat pereda mual dan penurun kadar gula darah.
4. Cengkeh
5 Jenis Bumbu dan Rempah yang Berfungsi Sebagai Antibiotik (322871)
Ilustrasi cengkeh. (Foto: Pixabay)
Selain digunakan sebagai obat sakit gigi, rupanya cengkeh juga dapat digunakan sebagai obat pencegah segala jenis bakteri, termasuk E. coli. Bukan hanya itu, cengkeh juga bermanfaat untuk mengurangi rasa mual, meningkatkan sistem pencernaan, mengatasi sinusitis, meringankan infeksi saluran pernafasan, dan menyehatkan jantung.
5. Oregano
5 Jenis Bumbu dan Rempah yang Berfungsi Sebagai Antibiotik (322872)
Minyak oregano (Foto: Thinkstock)
Beberapa orang percaya bahwa oregano dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bertindak sebagai antioksidan. Meski begitu, belum ada verifikasi yang membenarkan pernyataan tersebut. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa oregano merupakan antibiotik alami yang mujarab untuk mencegah beragam jenis bakteri, terutama setelah dibuat menjadi minyak.
ADVERTISEMENT