kumparan
27 November 2018 13:51

5 Jenis Mentega yang Harus Kamu Tahu

margarine vs butter
Butter vs Margarine. (Foto: Thinkstock)
Butter atau yang akrab dipanggil mentega merupakan salah satu bahan yang selalu digunakan dalam membuat makanan; mulai appetizer, main course, hingga dessert.
ADVERTISEMENT
Meski sering digunakan dalam berbagai bahan makanan, sayangnya masih banyak dari kita yang belum tahu kalau ada banyak jenis mentega. Jenis-jenis mentega tersebut ternyata dibedakan berdasarkan proses pembuatannya hingga susu yang digunakan. Ingin tahu apa saja? Simak ulasannya seperti dikutip dari Times of India berikut ini:
1. Salted butter
Ilustrasi Salted Butter
Ilustrasi Salted Butter (Foto: Greenazya/Shutterstock)
Salted butter merupakan salah satu jenis mentega yang paling banyak digunakan dan dijual di mana-mana. Mentega jenis ini memiliki kandungan garam sehingga terasa lebih asin. Salted butter kerap digunakan untuk mengoles roti atau martabak, kue, hingga untuk menumis, dan menggoreng.
2. Unsalted butter
Ilustrasi Unsalted Butter
Ilustrasi Unsalted Butter (Foto: Anna Hoychukr/Shutterstock)
Berbeda dengan salted butter, unsalted butter atau mentega tawar merupakan salah satu jenis mentega yang diproses tanpa tambahan garam. Tak hanya itu, unsalted butter juga terbuat dari susu atau krim dan biasanya mengandung 80% lemak susu, yaitu elemen lemak dalam susu yang dipisahkan untuk membuat krim. Unsalted butter biasanya dipakai untuk membuat ragam makanan sehat seperti makanan pengganti ASI bayi.
ADVERTISEMENT
3. European butter
Ilustrasi European Butter
Ilustrasi European Butter (Foto: David Hanlon/Shutterstock)
European butter merupakan jenis mentega yang diproses dalam waktu yang lama sehingga menghasilkan 82% lemak susu. Jenis mentega ini juga biasanya memiliki tekstur lebih halus dan warna yang lebih pudar. Sama seperti salted butter, european butter juga bisa digunakan untuk berbagai jenis masakan.
4. Organic butter
margarine vs butter
Butter vs Margarine. (Foto: Thinkstock)
Sesuai dengan namanya, jenis mentega ini menggunakan susu organik dari sapi yang diternak tanpa mendapatkan konsumsi antibotik atau hormon pertumbuhan. Lebih dari itu, sapi tersebut juga diberi makan rumput yang dirawat secara organik tanpa pemakaian pestisida atau pupuk sintetis.
Ternyata organic butter juga memiliki dua jenis, yaitu salted dan unsalted yang bisa digunakan seperti mentega pada umumnya.
5. Irish Butter
Ilustrasi Irish Butter
Ilustrasi Irish Butter (Foto: Joerg Beuge/Shutterstock)
Irish butter merupakan salah satu jenis mentega yang memiliki tekstur yang lebih lembut dari mentega yang lain. Hal ini disebabkan, karena susu yang digunakan berasal dari sapi yang dirawat dengan baik.
ADVERTISEMENT
Kandungan lemak dalam jenis susu ini juga sangat tinggi. Selain dari kandungan susu, ternyata tekstur lembut juga dihasilkan dari proses pembuatanya yang berbeda dengan mentega pada umumnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan