Food & Travel
·
9 Juni 2021 8:58
·
waktu baca 2 menit

5 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Daya Ingat, Salah Satunya Konsumsi Kunyit

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Daya Ingat, Salah Satunya Konsumsi Kunyit (28822)
Ilustrasi daya ingat menurun Foto: Shutter Stock
Memilih makanan yang tepat bukan hanya karena enak, tapi juga sehat. Terlebih, makanan dibutuhkan untuk memenuhi nutrisi harian tubuh. Mulai dari atas kepala hingga ujung kaki. Makanan menjadi asupan terpenting harianmu.
ADVERTISEMENT
Apalagi otak yang menjadi bagian terpenting dalam kinerja tubuh. Semua dikendalikan melalui otak kita. Salah satu penyakit otak yang kerap kita sepelekan adalah daya ingat.
Padahal, memudarnya daya ingat bisa menjadi salah satu tanda gangguan kesehatan serius. Itulah mengapa, kita perlu merawat kesehatan otak. Semisal dengan mengonsumsi makanan sehat untuk organ tersebut.
Lalu, apa saja asupan yang baik untuk kinerja otak kita? Mengutip Healthline, berikut kumparan telah merangkum 5 makanan utama yang bisa menjaga kesehatan otak agar kamu tak cepat lupa. Mulai dari rempah hingga buah-buahan, ternyata ada, lho yang baik untuk daya ingatmu.

1. Kunyit

5 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Daya Ingat, Salah Satunya Konsumsi Kunyit (28823)
Ilustrasi minum lemon dan kunyit Foto: Shutterstock
Bumbu masakan berwarna kuning satu ini punya kandungan curcumin yang kaya manfaat. Senyawa aktif tersebut mampu meningkatkan memori pada penderita Alzheimer.
ADVERTISEMENT
Menurut penelitian Annals of Indian Academy of Neurology 2008, mengonsumsi kunyit juga baik untuk membantu pertumbuhan sel otak. Kandungan curcumin juga dapat meningkatkan faktor neurotropik yang diturunkan dari otak.

2. Brokoli

5 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Daya Ingat, Salah Satunya Konsumsi Kunyit (28824)
Ilustrasi tumisan brokoli telur asin Foto: dok.shutterstock
Menurut hasil penelitian jurnal Advances in Nutrition 2012, brokoli dikemas dengan banyak antioksidan, sayuran hijau ini juga kaya akan vitamin K. Vitamin tersebut mampu membentuk sphingolipids, sejenis lemak yang disalurkan ke sel-sel otak.
Selain itu, brokoli juga memberi efek anti-inflamasi serta antioksidan, berfungsi merawat kesehatan otak manusia.

3. Jeruk

5 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Daya Ingat, Salah Satunya Konsumsi Kunyit (28825)
Ilustrasi makan jeruk. Foto: Shutter Stock
Jeruk memang dikenal sebagai sumber vitamin C. Tapi, jangan salah, ternyata dengan rutin konsumsi vitamin C alami ini, dapat mencegah penurunan mental sampai melindungi kesehatan otak.
Sejatinya dalam jurnal Nutrients 2014, menemukan vitamin C merupakan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas pada sel-sel otak. Sehingga, sangat dianjurkan untuk secara teratur mengonsumsinya secara rutin agar fungsi otak tetap berjalan dengan baik.
ADVERTISEMENT

4. Kacang-kacangan

5 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Daya Ingat, Salah Satunya Konsumsi Kunyit (28826)
Ilustrasi Kacang-kacangan Foto: Shutterstock/Liliya Kandrashevich
Sebuah penelitian tahun 2014 menyatakan, kalau kacang bisa meningkatkan kognisi serta mencegah gejala penyakit neurodegeneratif. Ini karena vitamin E dalam kacang melindungi membran sel dari kerusakan radikal bebas.
Penelitian lainnya ikut menunjukkan, seseorang yang makan kacang secara teratur mempunyai ingatan yang lebih tajam.

5. Telur

5 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Daya Ingat, Salah Satunya Konsumsi Kunyit (28827)
Ilustrasi telur rebus. Foto: Pixabay
Selain menjadi sumber protein baik. Nyatanya, telur mempunyai kadar kolin yang sangat berpengaruh bagi kesehatan otak. Penelitian yang dilakukan Institute of Medicine Amerika Serikat pada 1998 menyatakan, jika seseorang mendapat asupan kolin yang cukup, maka fungsi mental serta daya ingatnya akan lebih baik. Sementara itu, kandungan vitamin B12 serta folat dalam telur bisa membantu mengatur kadar gula dalam otak.
Reporter: Balqis Tsabita Azkiya
ADVERTISEMENT