kumparan
16 Maret 2018 10:32

5 Makanan Pengganti Daging yang Kaya Protein

Manfaat Jamur
Jamur menyehatkan. (Foto: Thinkstock)
Selain sebagai sumber energi, protein juga memiliki berbagai manfaat penting bagi tubuh seperti membentuk hormon dan memelihara jaringan tubuh. Salah satu bahan pangan yang mengandung protein tinggi adalah daging.
ADVERTISEMENT
Namun, meski menjadi sumber protein terbaik, mengkonsumsi daging tetap harus dibatasi. Selain dengan menyeimbangkan menu makan, kita juga bisa menggunakan bahan pangan lain sebagai pengganti daging. Selain memiliki nilai protein yang lebih tinggi, beberapa di antaranya juga dapat dikonsumsi oleh vegetarian.
Dilansir Greatist, berikut lima jenis makanan sumber protein pengganti daging:
1. Kacang Polong
Tren Kesehatan 2017
Kacang polong mengandung protein nabati yang diprediksi menjadi makanan populer di 2017. (Foto: Thinkstock)
Kacang polong mengandung protein sebesar 7,5 gram per 1/2 cup. Tak hanya itu, bahan pangan ini juga mengandung serat, protein, dan magnesium serta rendah kolesterol. Tak heran, kacang polong sering diolah sebagai pengganti daging steak. Kacang polong juga bisa dihidangkan menjadi sup maupun salad yang lezat.
2. Ikan
Salmon baik untuk jantung
Salmon baik untuk jantung (Foto: Dok. Pexels)
Hasil laut ini memiliki kandungan protein yang hampir setara dengan daging. Dalam 100 gram ikan, terkandung 16 gram protein. Kandungan lemak yang ada di dalam ikan juga terbilang rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi secara rutin.
ADVERTISEMENT
3. Jamur
Kaldu sayuran
Jamur (Foto: Thinkstock)
Tekstur jamur yang kenyal sangat cocok untuk dijadikan sebagai pengganti daging. Setiap 100 gram jamur mengandung 2,9 gram protein. Tak hanya itu, kandungan kalsium, karbohidrat, dan energi di dalamnya juga bermanfaat bagi kesehatan. Mengolahnya pun tak sulit, berbagai masakan seperti capcay, sate jamur, hingga pepes dapat kita buat menggunakan bahan makanan yang satu ini.
4. Edamame
Edamame
Edamame (Foto: thinkstock)
Jenis kacang yang sering dijadikan kudapan pada masakan Jepang ini memiliki kandungan protein yang cukup baik. Dalam 1/2 cup edamame, terkandung protein sebesar 8,5 gram.
Selain rasanya yang manis dan lezat, edamame juga mengandung antioksidan dan serat. Kamu bisa menikmati edamame dengan mengolahnya menjadi salad, sup, burger, bahkan memakannya langsung.
ADVERTISEMENT
5. Tempe
Tempe
Hasil Akhir Tempe (Foto: Thinkstock)
Makanan yang satu ini tentu sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Menjadi menu makan sehari-hari orang Indonesia, kandungan protein pada tempe ternyata setara dengan daging.
Hasil fermentasi kedelai ini mengandung 20,8 gram protein per 100 gramnya. Teksturnya yang mirip daging juga membuatnya kerap diolah menjadi pengganti daging pada hidangan burger.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan