kumparan
26 Mei 2019 13:33

5 Makanan untuk Mencegah Sariawan saat Puasa

Ilustrasi sariawan
Ilustrasi sariawan Foto: Shutterstock
Salah satu gangguan kesehatan yang kerap muncul saat puasa adalah sariawan. Kondisi mulut yang kering dan kekurangan cairan akan memicu pertumbuhan bakteri. Banyaknya jumlah bakteri ini bisa menyebabkan timbulnya sariawan.
ADVERTISEMENT
Selain itu, kurangnya asupan mikronutrien seperti vitamin C dan zinc dapat memperbesar risiko sariawan. Meski terlihat sepele, namun gangguan kesehatan ini bisa menciptakan rasa tak nyaman, terlebih bila tersentuh oleh makanan.
Selain menjaga kebersihan mulut, ada lho, selamat deret makanan yang bisa mencegah dan mengobati sariawan dengan cepat. Apa saja? Berikut ulasan selengkapnya:
1. Daun parsley
Peterseli
Peterseli. Foto: Pixabay
Rempah yang satu ini mengandung iron dan folat yang efektif melawan sariawan. Kunyah daun parsley saat sahur dan berbuka untuk mencegah timbulnya sariawan. Mengunyahnya usai menyantap makanan juga akan membuat nafas jadi lebih segar dan tidak bau.
2. Ikan salmon
Makanan Penghilang Stres
Daging salmon kaya akan omega-2 untuk menghalau hormon kortisol penyebab stres. Foto: Thinkstock
Sebuah penelitian dalam Journal of the American Board of Family Medicine, menemukan konsumsi vitamin B12 dapat mempercepat penyembuhan sariawan.
ADVERTISEMENT
Maka itu, jangan lupa untuk menyisipkan salmon yang kaya akan B12 sebagai menu sahur atau berbuka puasa. Dalam setiap 200 gram salmon mengandung jumlah vitamin B12 sesuai batas konsumsi harian yang dianjurkan. Karenanya, menyantap ikan salmon sangat baik bagi kesehatan mulut.
3. Bayam
bayam
Bayam Foto: Pixabay
Sama halnya seperti parsley, bayam juga kaya akan kandungan besi dan folat. Kedua nutrisi ini dapat membantu menyembuhkan sariawan dengan efektif.
4. Madu
Madu membantu mempercepat penyembuhan luka
Madu membantu mempercepat penyembuhan sariawan Foto: Pixabay
Makanan manis ini mengandung anti-bakterial dan anti-virus yang bisa membantu mencegah timbulnya sariawan. Sebuah studi dalam jurnal PubMed tahun 2014 juga menemukan, madu dapat mengobati sariawan secara efektif.
Konsumsi madu akan mengurangi rasa sakit, ukuran sariawan, dan efek kemerahan yang ditimbulkan. Sebaiknya, gunakan jenis madu Manuka yang mengandung lebih banyak nutrisi dan manfaat kesehatan lainnya.
ADVERTISEMENT
5. Yoghurt
Camilan rendah kalori
Yoghurt dan berry Foto: Shutterstock
Sariawan terkadang muncul karena adanya gangguan pada sistim pencernaan kita. Mengkonsumsi yoghurt bisa membantu mengobatinya.
Kandungan probiotiknya tak hanya memperlancar pencernaan, tapi juga meningkatkan jumlah mikroorganisme dalam mulut. Dengan begitu, kesehatan mulut tetap terjaga selama puasa dan terhindar dari sariawan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan