Food & Travel
·
23 Maret 2018 7:07

5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Berolahraga (95212)
com-Olahraga (Foto: Thinkstock)
Selain olahraga ringan seperti jogging, berbagai olahraga yang cukup berat seperti cardio workout kini mulai sering dilakukan seiring dengan meningkatnya kesadaran untuk hidup sehat. Apalagi, keinginan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan juga kerap mendorong seseorang untuk melakukan jenis olahraga berat.
ADVERTISEMENT
Namun tahukah kamu bahwa setelah berolahraga, otot kita akan menjadi tegang dan terpecah. Untuk itulah, perlu dilakukan beberapa cara untuk memulihkan kinerja otot seperti peregangan, memijat, dan mengkonsumsi makanan sehat.
Ya, dalam mengkonsumsi makanan seusai olahraga memang tak boleh sembarangan karena tubuh kita memerlukan berbagai asupan nutrisi guna membantu memulihkan jaringan otot. Tak hanya itu, pemulihan otot yang tertunda juga dapat mengakibatkan cidera dan nyeri kronis.
Lantas, makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi seusai melakukan olahraga? Dilansir LEAFtv, berikut ulasannya:
1. Protein bar
5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Berolahraga (95213)
Protein bar. (Foto: Pixabay)
Setelah selesai berolahraga, nutrisi yang paling dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan adalah protein. Meski protein juga terkandung dalam daging dan ikan, namun mengkonsumsi protein bar setelah berolahraga dapat menjadi alternatif saat sedang terburu-buru. Pasalnya, mengkonsumsi protein harus dilakukan maksimal 30 menit atau satu jam setelah melakukan olahraga agar proses pemulihan tidak tertunda.
ADVERTISEMENT
2. Kacang polong
5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Berolahraga (95214)
Kacang polong mengandung protein nabati yang diprediksi menjadi makanan populer di 2017. (Foto: Thinkstock)
Mengandung protein dan serat, kacang polong menjadi pilihan tepat untuk asupan protein seusai olahraga. Selain kandungan proteinnya yang tinggi, kacang polong juga dapat dikombinasikan dengan telur, gandum, ikan, atau daging ayam untuk menambah cita rasanya.
3. Quinoa
5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Berolahraga (95215)
Quinoa (Foto: Thinkstock)
Makanan organik yang satu ini memang sedang menjadi primadona seiring dengan populernya pola hidup sehat. Quinoa mengandung karbohidrat berserat dan protein tinggi yang dibutuhkan tubuh seusai melakukan olahraga.
Kandungan proteinnya sendiri mencapai 8 gram per cup dan mampu memperbaiki massa otot. Makanan sehat ini dapat dikonsumsi sebagai salad, sereal atau oatmeal, atau disajikan bersama kacang polo2ng dan ayam.
4. Madu
5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Berolahraga (95216)
Madu (Foto: Dok. Thinkstock)
Madu merupakan sumber energi yang baik dan berfungsi menggantikan energi yang hilang setelah berolahraga. Oleskan madu pada roti gandum dan kombinasikan dengan alpukat atau yoghurt sebagai asupan protein. Jangan lupa untuk menambahkan konsumsi air kelapa agar tetap terhidrasi.
ADVERTISEMENT
5. Buah-buahan
5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Berolahraga (95217)
Buah-buahan sehat (ilustrasi). (Foto: Pixabay/Couleur)
Buah-buahan segar mengandung enzim yang dapat menguraikan nutrisi agar lebih mudah diserap otot. Selain itu, buah juga mengandung karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi.
Mengkonsumsi buah setelah berolahraga juga dapat mencegah nyeri otot dan pegal-pegal karena kandungan di dalamnya mampu memulihkan pasokan glikon yang berfungsi membangun kembali otot-otot yang rusak.