kumparan
14 Apr 2019 9:48 WIB

5 Makanan yang Bisa Bikin Kulit Glowing

Kulit tampak glowing dengan perawatan Rejuran dari Euroskinlab. Foto: Shutterstock
Memiliki kulit cerah alami adalah dambaan perempuan. Istilah zaman sekarang itu glowing. Semakin glowing maka semakin percaya diri rasanya.
ADVERTISEMENT
Nah, untuk mendapatkan kulit glowing ini enggak mudah. Bahkan beberapa perempuan akhirnya mencari jalan pintas. Misalnya operasi wajah atau suntik vitamin C. Biaya perawatan seperti itu terbilang mahal, lho.
Namun jika tak ingin menguras kantong ada kok cara lain yang lebih mudah. Bahkan nutrisionis dr Maria Charlotte BMedSci mengatakan, dengan 5 makanan ini bisa bikin kulit kinclong luar dalam.
Apa saja makanannya? Berikut ulasannya:
1. Salmon
Daging salmon kaya akan omega-2 untuk menghalau hormon kortisol penyebab stres. Foto: Thinkstock
"Ikan salmon itu mengandung omega 3 sebagai antiaging alami karena ada DHA-nya," kata dokter Cherry, sapaannya.
Selain bikin awet muda. Salmon juga memberi efek melembapkan dan mengencangkan kulit. Vitamin D-nya berfungsi sebagai zat antiinflamasi yang dapat melawan jerawat, kulit kemerahan, dan iritasi.
ADVERTISEMENT
2. Kubis
Ilustrasi kubis merah Foto: Shutter Stock
Di Indonesia kubis dikenal dengan kol. Sayuran ini ada yang merah dan putih. Memiliki kandungan indole-3-carbonile yang merupakan antioksidan kuat. Antioksidan ini bersifat mendetoks dari racun akibat kulit kusam, ungkap ahli gizi Shilpa Arora seperti mengutip food.ndtv.com.
Dokter asal Delhi ini juga membeberkan jika kubis mengandung 6-8 kali vitamin C lebih banyak dari jeruk. Sehingga bisa mencerahkan kulit dari luar maupun dalam.
3. Alfalfa
Ilustrasi alfalfa Foto: dok.pixabay
Alfalfa adalah sejenis kecambah. Biasanya digunakan untuk pelengkap atau garnish pada salad. Menurut dokter Cherry, sayuran ini mengandung zinc yang bagus untuk peremajaan kulit.
Selain meremajakan, alfalfa juga memiliki klorofil yang bisa membuat kulit tampak bersih, mengutip Stylecraze. Vitamin A dan enzimnya juga memelihara agar kulit tetap sehat dan lembap.
ADVERTISEMENT
4. Tomat ceri
Tomat Foto: Pixabay
Meski kecil, tomat ini rasanya manis. Selain manis, tomat ceri kaya akan nutrisi. Ada vitamin, antioksidan, hingga antikanker.
Mengutip jurnal Perpustakaan Nasional Kedokteran Institut Kesehatan Nasional Amerika, nutrisi tersebut dapat melindungi kulit agar tak tampak kusam akibat radikal bebas. Sementara vitamin C-nya bisa bikin kulit terlihat glowing alami.
5. Selada romaine
Selada Romaine. Foto: REUTERS/Chris Helgren
Sayuran hijau ini mengandung banyak air. Memakan selada dapat menghidrasi kulit dari dalam agar lembap. Kandungan vitamin A dan C dalam sayuran hijau tersebut dipercaya menjaga kesehatan, mengencangkan, dan mengenyalkan kulit.
Bukan hanya kelima makanan ini saja, beberapa makanan sehat lainnya juga bisa menjaga kesehatan kulit dari dalam. Bahkan dokter yang praktik di ID Beauty Clinic itu mengatakan: "Hampir semua sayuran bisa bikin kulit glowing, jadi makanlah sayur," tutup dokter Cherry.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan