kumparan
25 April 2019 7:20

5 Manfaat Menakjubkan Buah Manggis untuk Kesehatan

Ilustrasi Buah Manggis
Ilustrasi Buah Manggis Foto: Shutterstock/Ekaterina_Minaeva
Beberapa tahun belakangan, kepopuleran buah manggis semakin menanjak berkat ekstrak kulitnya yang bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.
ADVERTISEMENT
Ternyata selain ekstrak kulitnya, buah manggis juga mengandung beragam nutrisi penting yang baik untuk kesehatan.
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal US National Library of Medicine National Institute of Health, buah manggis mengandung antioksidan yang bisa mengendalikan efek radikal bebas pada tubuh.
Tak hanya itu, buah yang memiliki nama lain Garcinia mangostana itu juga mengandung xanthone atau sejenis senyawa yang dikenal memiliki sifat antioksidan kuat. Dalam beberapa penelitian, xanthone mampu menghasilkan efek antiinflamasi, antikanker, hingga antipenuaan.
Lalu, manfaat kesehatan apa saja yang ada pada buah manggis? Berikut kumparan angkum untuk kamu.
1. Bisa mencegah kanker
Ilustrasi kanker
Ilustrasi kanker Foto: THINKSTOCK
Buah manggis mengandung senyawa xanthone yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang bisa membantu melawan perkembangan dan penyebaran sel kanker.
ADVERTISEMENT
Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa xanthone bisa menghambat pertumbuhan sel kanker di beberapa bagian tubuh; seperti payudara, perut, dan paru-paru.
2. Bisa menurunkan berat badan
Ilustrasi berat badan anak
Ilustrasi berat badan anak Foto: Shutterstock
Selanjutnya, manggis juga dipercaya bisa menurunkan berat badan. Menurut sebuah studi, manggis memiliki sifat antiinflamasi yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme lemak dan mencegah penambahan berat badan.
Studi lain juga pernah dilakukan dengan melibatkan beberapa orang untuk mengkonsumsi jus manggis dua kali sehari selama delapan minggu. Hasilnya, mereka memiliki indeks massa tubuh (IMT) yang lebih rendah dibanding mereka yang tidak mengkonsumsi jus buah manggis.
3. Mengontrol gula darah
Diabetes
Gula dan alat pengukur kadar gula. Foto: pixabay.com
Selain bisa mencegah kanker, senyawa xanthone yang ada di dalam manggis juga bisa membantu menjaga kadar gula dalam darah.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, buah manggis juga mengandung serat yang bisa menstabilkan gula darah dan mengontrol diabetes.
Kandungan xanthone dan serat dalam buah manggis dipercaya bisa membantu menyeimbangkan gula darah.
4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Ibu
Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Foto: Pixabay
Serat dan vitamin C merupakan dua kandungan penting dalam buah manggis yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
Dalam jurnal Nutrients, kandungan serat dalam buah manggis bisa mendukung bakteri baik dalam usus, sedangkan kandungan vitamin C-nya berfungsi dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.
Masih dalam jurnal yang sama, sebuah penelitian pernah dilakukan dengan melibatkan 59 orang. Para relawan tersebut diminta untuk mengkonsumsi suplemen yang mengandung buah manggis selama 30 hari. Hasilnya, mereka mengalami penurunan tanda-tanda peradangan dan peningkatan jumlah sistem kekebalan.
ADVERTISEMENT
5. Menjaga kulit lebih sehat
Ilustrasi Kulit Glowing
Ilustrasi kulit sehat. Foto: Shutterstock
Manfaat yang terakhir, buah manggis juga bisa membuat kulit lebih elastis dan sehat.
Menurut sebuah penelitian, buah manggis bahkan memiliki sifat yang bisa mencegah kanker kulit.
Selain itu, buah manggis juga memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, antijamur, antialergi, dan antioksidan. Manfaat ini bisa membantu mengurangi risiko berbagai kondisi kulit; seperti peradangan, penuaan, eksim, alergi, hingga infeksi bakteri.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan