Food & Travel
·
30 September 2020 11:39

5 Minuman Herbal untuk Jaga Sistem Imun, Alami dan Murah Meriah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Minuman Herbal untuk Jaga Sistem Imun, Alami dan Murah Meriah (210553)
Ilustrasi minuman herbal dari meniran Foto: dok.shutterstock
Menjaga sistem imun bisa dengan mengonsumsi minuman herbal. Pakai saja bahan alami yang mudah ditemukan di pasar. Bahan tersebut juga tak kalah memiliki khasiat tinggi untuk kesehatan tubuh. Sebut saja jahe, temulawak, kayu manis, atau bumbu dapur lain, bisa jadi bahan minuman herbal murah-meriah.
ADVERTISEMENT
Apalagi di tengah pandemi, kandungan dalam bahan herbal tersebut juga dibutuhkan untuk memproteksi sistem imun kita. Maka itu, dengan bahan-bahan yang alami dan harga yang murah, berikut kumparan rangkum 5 olahan minuman herbal serta manfaatnya untuk sistem imun tubuh.

1. Wedang uwuh

5 Minuman Herbal untuk Jaga Sistem Imun, Alami dan Murah Meriah (210554)
wedang uwuh Foto: Shutterstock
Wedang uwuh merupakan salah satu minuman tradisional yang berasal dari Yogyakarta. Wedang uwuh memiliki citra rasa yang agak pedas dan terbuat dari berbagai jenis rempah dedaunan; seperti daun cengkih, daun pala, lalu jahe, kayu secang, kayu manis, serta gula batu sebagai tambahan.
Campuran jahe dan rempah-rempah yang kaya antioksidan membuat sajian ini menjadi salah satu minuman sehat. Dalam buku yang ditulis oleh Dr. Sri Suryaningsum, S.E., M.Si., Ak., C.A berjudul Wedang Uwuh juga dijelaskan, bahwa minuman ini mengandung berbagai rempah yang dapat membantu menjaga sistem imun tubuh.
ADVERTISEMENT

2. Rebusan jahe, serai, dan kunyit

5 Minuman Herbal untuk Jaga Sistem Imun, Alami dan Murah Meriah (210555)
Rebusan air Jahe, kunyit, dan serai Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Campuran rebusan jahe, serai, dan kunyit ini sempat ramai saat awal munculnya virus corona. Minuman ‘anti-corona’ yang identik dipanggil empon-empon ini merupakan jamu tradisional yang terbuat dari rempah-rempah Indonesia. Umumnya, air rebusan terdiri dari jahe, serai, temulawak, kunyit atau bahkan tambahan kencur.
Selain sehat dan dapat menjaga imun tubuh, minuman herbal ini memiliki beberapa khasiat lain antara lain melegakan tenggorokan, membuat tidur lebih nyenyak, bahkan mengobati masalah pencernaan. International Journal of Molecular Sciences tahun 2019 membuktikan kalau kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan sehingga mampu mengobati masalah di perut serta pencernaan.

3. Teh jahe merah

5 Minuman Herbal untuk Jaga Sistem Imun, Alami dan Murah Meriah (210556)
Jahe merah. Foto: Shutterstock
Jamu, telah menjadi juara nenek moyang bangsa Indonesia untuk menjaga kesehatan dan dalam mengobati berbagai macam penyakit. Salah satu jamu yang populer adalah berbahan jahe merah. Rimpang ini memiliki bentuk, warna, serta manfaat yang berbeda dengan jahe umum putih.
ADVERTISEMENT
Jahe merah memiliki zat-zat seperti tonikum dan minyak atsiri yang berfungsi meningkatkan imun dan kekebalan tubuh. Selain itu, konsumsi teh jahe merah yang kaya akan antioksidan dapat membawa manfaat lain seperti antibakteri, menurunkan kadar kolesterol, dan anti alzheimer.

4. Air kelapa

5 Minuman Herbal untuk Jaga Sistem Imun, Alami dan Murah Meriah (210557)
Ilustrasi air kelapa Foto: Shutterstock
Selain dapat menyegarkan tubuh, konsumsi air kelapa juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dalam penelitian berjudul Health Benefits of Tender Coconut Water pada tahun 2019 ditunjukkan kalau air kelapa muda mengandung antioksidan potensial bernama cytokinin.
Antioksidan tersebut berfungsi dalam melindungi kerusakan sel akibat radikal bebas. Selain itu, air kelapa mengandung berbagai vitamin B, seperti vitamin B1, B2, B6, dan lainnya. Konsumsi vitamin B6 yang cukup juga berguna dalam mengoptimalkan sistem imun tubuh.
ADVERTISEMENT

5. Jamu temulawak

5 Minuman Herbal untuk Jaga Sistem Imun, Alami dan Murah Meriah (210558)
Jamu tradisional Indonesia Foto: Shutterstock
Berdasarkan jurnal Antioxidant and Anti-inflammatory Properties of Curcumin tahun 2007, antioksidan pada senyawa curcumin dalam temulawak dapat meningkatkan metabolisme serta mengeluarkan racun yang mengendap dalam tubuh. Selain memiliki sifat antioksidan, temulawak juga bersifat antiradang.
Reporter: Natashia Loi