Food & Travel
·
11 Desember 2018 19:02

5 Oleh-oleh Khas Sorong yang Sering Diburu Usai Berlibur di Raja Ampat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Oleh-oleh Khas Sorong yang Sering Diburu Usai Berlibur di Raja Ampat (17348)
Kolase Pulau Wayag Raja Ampat dan kopi senang. (Foto: Dok.Flickr / Vitaly & Marina dan Mela Nurhidayati/kumparan)
Sorong merupakan salah satu kota di Provinsi Papua Barat yang menjadi pintu gerbang menuju destinasi wisata bahari di Kabupaten Raja Ampat. Tak hanya itu, kota yang dikenal dengan sebutan Kota Minyak ini juga biasanya menjadi tempat berburu oleh-oleh para wisatawan usai berlibur di Raja Ampat.
ADVERTISEMENT
Jika kamu ulik satu persatu, ternyata banyak sekali rekomendasi oleh-oleh yang bisa dibeli di kota ini; mulai aksesoris khas Papua, batik, hingga beragam jenis makanan khas. Nah, kali ini kumparanFOOD akan merangkum lima oleh-oleh yang bisa dibeli atau sering diburu para wisatawan di Kota Sorong. Ingin tahu apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut ini.
1. Kopi Senang
5 Oleh-oleh Khas Sorong yang Sering Diburu Usai Berlibur di Raja Ampat (17349)
Kopi Senang (Foto: Mela Nurhidayati/kumparan)
Di Sorong sendiri, salah satu merek kopi yang cukup terkenal dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh adalah Kopi Senang. Kopi Senang sendiri merupakan salah satu bisnis yang didirikan oleh pria Tionghoa asal Padang pada 1985. Menariknya, kopi ini bukanlah produk biji kopi dari Papua melainkan dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Jika kamu ingin membeli Kopi Senang datanglah ke Jalan Pendidikan, Malaingkedi, Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat. Di sana, kamu akan ditawarkan dua macam jenis kopi, yaitu dari robusta dan arabika. Selain itu, Kopi Senang juga menjual kopi dalam bentuk biji, bubuk, sachet, dan celup.
2. Buah merah
5 Oleh-oleh Khas Sorong yang Sering Diburu Usai Berlibur di Raja Ampat (17350)
Minyak Buah Merah (Foto: Mela Nurhidayati/kumparan)
Jika kamu mencari oleh-oleh yang mengandung berbagai macam khasiat bagi kesehatan, Buah Merah adalah jawabannya. Ya, buah yang tumbuh di wilayah Papua, seperti pegunungan Jayawijaya, Ayamaru Sorong, Timika, Nabire, Manokwari, dan Jayapura ini kabarnya bisa mengobati berbagai macam penyakit, menghambat sel kanker, hingga membuat panjang umur. Bahkan, beberapa penelitian melaporkan jika ekstrak buah ini bisa melawan sel kanker myeloma, seperti kanker payudara, kanker seviks, dan kanker paru-paru.
ADVERTISEMENT
Di Papua sendiri, buah merah biasanya dikonsumsi dengan cara dimakan langsung atau dipotong-potong lalu direbus, dipanggang, atau dimasak dalam oven batu. Namun, bagi kamu yang ingin menjadikan buah ini sebagai oleh-oleh, kini banyak toko souvernir yang menjual buah ini dalam bentuk minyak/sari sehingga bisa kamu minum sebagai suplemen. Satu botol minyak/sari buah merah biasanya dijual dengan harga Rp 100 ribu.
3. Abon gulung
Sebenarnya kuliner yang satu ini merupakan oleh-oleh khas Manokwari. Meski begitu, abon gulung juga banyak ditemukan dan dijual di kota Sorong. Ya, sesuai namanya kuliner ini berupa roti berbentuk lonjong berisi abon. Tak hanya abon, kini banyak sekali varian rasa yang bisa kamu coba, seperti cokelat, abon gulung isi sosis, abon gulung isi susu, dan abon gulung isi tuna.
ADVERTISEMENT
Salah satu merek paling terkenal yang memproduksi abon gulung di Kota Sorong adalah Billy Bakery. Kamu bisa membeli oleh-oleh ini di Jalan Ahmad Yani, Klakublik, Kecamatan Sorong, atau Bandara Udara Domine Eduard Osok. Satu kotak abon gulung yang dijual Billy Bakery ukuran kecil biasanya dijual dengan harga Rp 130 ribu, sedangkan ukuran besar dijual Ro 180 ribu.
4. Sarang semut
5 Oleh-oleh Khas Sorong yang Sering Diburu Usai Berlibur di Raja Ampat (17351)
Ilustrasi Sarang Semut (Foto: Instagram @denayaherbal)
Selain buah merah, tanaman yang satu ini juga sering dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan. Alasannya, karena tanaman asal Wamena ini mengandung banyak khasiat dan kabarnya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti diabetes, liver, jantung, hingga kanker.
Di Sorong sendiri, sarang semut biasanya dijual di toko-toko souvernir dengan dengan harga Rp 30 ribu per 100 gram.
ADVERTISEMENT
5. Keripik keladi
5 Oleh-oleh Khas Sorong yang Sering Diburu Usai Berlibur di Raja Ampat (17352)
Ilustrasi Keripik Kelado Sayo (Foto: Instagram @keripikkeladi)
Salah satu camilan yang wajib kamu coba saat berada di Sorong, Papua adalah keripik keladi. Sesuai namannya, keripik ini terbuat dari tumbuhan keladi atau yang kita kenal talas lalu dipotong tipis-tipis berbentuk bulat. Di Sorong sendiri, camilan ini memiliki beragam rasa, mulai dari original, pedas, jagung, dan masih banyak lagi.
Salah satu merek keripik keladi yang paling terkenal adalah Sayo. Kamu bisa membeli keripik ini di Bangau 2, Malaingkedi, hingga Sorong Timur.
Itulah lima oleh-oleh yang bisa kamu beli di Kota Sorong. Dari kelimanya, mana yang ingin kamu coba?