Food & Travel
·
22 Februari 2018 12:21

5 Restoran Legendaris di Bali

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Restoran Legendaris di Bali (93181)
Kuliner Legendaris khas Bali (Foto: Instagram @benthebanker)
Dijuluki sebagai Pulau Dewata, Bali tak hanya memiliki keindahan alam yang mempesona, namun juga berbagai kuliner yang lezat. Tak lengkap rasanya jika belum mencicipi kelezatan kulinernya saat berkunjung ke sana.
ADVERTISEMENT
Selain sate lilit, beragam makanan khas Bali lainnya seperti nasi campur, ayam betutu, hingga sate lilit juga menjadi favorit para wisatawan. Nah, tentu akan semakin nikmat bila menyantap kuliner khas tersebut di tempat yang sudah legendaris dengan hidangan asli Bali-nya.
Rasa dari masakannya yang terjamin lezat dan otentik, akan membuat liburanmu semakin berkesan.
Berikut telah kumparan (kumparan.com) rangkum tempat makan legendaris di Bali yang bisa kamu kunjungi:
1. Nasi Pedas Bu Andika
Salah satu tempat makan di Bali yang sudah legendaris adalah nasi pedas Bu Andika. Tersohor akan kepedasan sambalnya yang luar biasa, warung nasi pedas Bu Andika menyediakan menu nasi campur khas Bali. Beragam lauk pauk mulai dari ayam suwir, ayam goreng, ikan goreng garing, lawar hingga sayur singkong bisa kamu pilih sendiri.
ADVERTISEMENT
Salah satu menu yang paling laris adalah kulit ayam yang digoreng garing. Kuliner yang sudah dibuka sejak 24 tahun lalu itu telah memiliki tiga cabang di Jalan Patih Jelantik, Jalan Raya Kuta, dan Jalan Blambangan. Kamu juga bisa mengunjunginya kapan saja, karena warung ini buka selama 24 jam.
2. Warung Mak Beng
Warung legendaris yang satu ini telah berdiri sejak tahun 1940-an. Warung Mak Beng hanya menjual satu jenis menu, yaitu paket nasi ikan goreng lengkap dengan sup ikan. Dengan cita rasa khas yang masih tetap terjaga, masakan di warung ini menggunakan ikan kakap merah, tengiri, dan cakalang sebagai bahan dasarnya.
Tak hanya itu, sambal terasi dari resep turun temurun akan menambah kenikmatan menu spesial warung ini. Bila berkunjung ke Bali, jangan lupa untuk mencicipi hidangan dari Warung Mak Beng yang berlokasi di Jalan Hang Tuah No 45, Sanur.
ADVERTISEMENT
3. Sate Plecing Arjuna
Jika biasanya bumbu sate menggunakan bahan dasar kacang, maka berbeda dengan sate yang satu ini. Dibumbui dengan sambal khas Bali, sate plecing yang berlokasi di Jl. Arjuna Denpasar, merupakan salah satu kuliner favorit yang legendaris. Aneka jenis daging, mulai dari daging ayam, sapi, hingga babi disajikan sesuai pilihan pembeli.
Sate plecing Arjuna telah dibuka sejak tahun 1990, dan tetap mempertahankan cita rasanya. Bumbu plecing pada sate ini sendiri terdiri dari dua varian, yaitu pedas dan manis. Sehingga, pengunjung dapat memilih jenis bumbu sesuai selera.
4. Warung Nasi Bali Men Weti
Satu lagi kuliner yang tersohor di Pulau Bali. Menyajikan menu nasi campur Bali yang terdiri dari nasi dan lauk pauk, warung nasi Bali ini tak pernah sepi pengunjung. Bahkan, tak hanya populer di kalangan wisatawan domestik saja, banyak wisatawan mancanegara yang ikut mengantre untuk mencicipi kenikmatan dari nasi Bali Men Wati.
ADVERTISEMENT
Lokasinya yang berada di Jl. Pantai Segara Sanur membuatnya mudah ditemukan. Sambal khasnya yang berwarna merah merona dan pedas menyengat, serta kulit ayam goreng yang renyah membuat nasi Bali Men Wati ini patut kamu coba.
5. Rujak Bali Bu Putu
Tak hanya nasi campurnya yang menjadi favorit, hidangan rujak khas Bali juga menjadi menu kuliner yang tak boleh kamu lewatkan. Salah satu tempat yang menjual rujak khas Bali yang tersohor adalah Warung Bu Putu. Telah dibuka sejak tahun 1992, warung ini menyediakan empat varian rujak, yaitu rujak gula, rujak cuka, rujak kacang, dan rujak kuah pindang.
Rujak kuah pindang sendiri merupakan kuliner khas Bali yang menggunakan kuah dari proses pembuatan pindang ikan dalam bumbu sausnya. Rasa asin dan asam yang menyatu membuat rujak terasa segar.
ADVERTISEMENT