Food & Travel
·
18 Oktober 2020 11:57

5 Selebriti Hollywood yang Berhenti Mengikuti Gaya Hidup Vegan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Selebriti Hollywood yang Berhenti Mengikuti Gaya Hidup Vegan (93977)
Ilustrasi Vegan Foto: Shutter Stock
Untuk menjaga performa, seorang selebriti perlu menerapkan pola hidup sehat misalnya menjadi seorang veganisme. Namun, perubahan pola makan, pemahaman tentang gaya hidup, kebutuhan gizi tubuh serta konsistensi menerapkannya menjadi tantangan tersendiri buat seorang vegan.
ADVERTISEMENT
Ketika seseorang memutuskan untuk menjadi veganisme, mereka menghentikan semua produk hewani dalam konsumsi sehari-hari; termasuk meninggalkan daging, telur, keju, dan susu. Beberapa selebriti pun telah berusaha menerapkan gaya hidup ini — walau tidak jarang yang berhenti karena satu dan lain hal.
Dilansir Insider, berikut 5 selebriti Hollywood yang pernah menjalankan gaya hidup vegan, namun kini memutuskan untuk berhenti. Kira-kira kenapa, ya?

1. Liam Hemsworth

5 Selebriti Hollywood yang Berhenti Mengikuti Gaya Hidup Vegan (93978)
Liam Hemsworth. Foto: Valerie Macon/ AFP
Liam Hemsworth, aktor berusia 30 tahun ini memutuskan untuk berhenti dari pola makan vegan setelah ia menghadapi komplikasi kesehatan pada Februari 2019.
“Februari tahun lalu saya merasa lesu. Kemudian saya mengalami batu ginjal. Itu adalah salah satu minggu paling menyakitkan dalam hidup saya," katanya kepada majalah Men's Health.
ADVERTISEMENT
Setelah menjalani pola makan vegan selama 4 tahun, Liam harus berhenti untuk memikirkan kembali asupan makanan agar batu ginjalnya tak kambuh. Menurutnya, salah satu penyebab penyakit batu ginjal adalah terlalu banyak konsumsi oksalat, yang umumnya ditemukan dalam kacang-kacangan, bayam, dan bit.
Liam juga menyarankan agar setiap orang mendengarkan kebutuhan tubuhnya. Jika pola makan tersebut membawa dampak positif, maka lakukanlah. Sebaliknya, jika sesuatu berubah dan tidak merasa benar, maka cari tahu dan nilai ulang.

2. Natalie Portman

5 Selebriti Hollywood yang Berhenti Mengikuti Gaya Hidup Vegan (93979)
Natalie Portman. Foto: AFP/ROBYN BECK
Berbeda dengan Liam, aktris pemeran “Black Swan” ini memutus berhenti vegan secara sementara. Dia memutuskan untuk berhenti menjadi vegan ini karena kehamilannya pada tahun 2011 lalu.
"Saya benar-benar kembali menjadi vegetarian ketika saya hamil, hanya karena saat itu saya menginginkannya. Saya mendengarkan tubuh saya untuk makan telur dan produk susu,” ungkapnya kepada radio Q100.
ADVERTISEMENT
Tetapi, sebagai pendukung gaya hidup ini, Natalie mengaku akan tetap kembali menjadi veganisme. Pada 2018, ia dan bahkan anak-anaknya mulai mengikuti pola makan vegan.

3. Miley Cyrus

5 Selebriti Hollywood yang Berhenti Mengikuti Gaya Hidup Vegan (93980)
Miley Cyrus Foto: Reuters/Stephane Mahe
Setelah 7 tahun melakukan gaya hidup vegan, musisi berusia 27 tahun itu mulai menambah konsumsi ikan ke dietnya. Hal ini dilakukannya setelah merasa otaknya tidak berfungsi dengan baik.
"Saya sudah lama menjadi vegan dan saya (merasa) harus menambah ikan dan omega ke dalam diet saya, karena otak saya tidak berfungsi dengan baik," kata perempuan itu dalam wawancara podcast “The Joe Rogan Experience".
Dengan ini, Miley menjadi seorang pescatarian, adalah seorang vegetarian yang makan ikan. Walau begitu, musisi yang menganjurkan gaya hidup vegan ini masih tetap mencintai binatang.
ADVERTISEMENT

4. Anne Hathaway

5 Selebriti Hollywood yang Berhenti Mengikuti Gaya Hidup Vegan (93981)
Anne Hathaway. Foto: Getty Images
Aktris Hollywood ini meninggalkan pola makan vegan karena merasa hal tersebut tidak membuatnya merasa sehat atau kuat. Berawal dari upaya menurunkan berat badan, perempuan berusia 37 tahun itu memutuskan menjadi vegan di tahun 2011.
Pola makan tersebut masih dilakukannya hingga beberapa tahun ke depan. Namun, saat membuat film "Interstellar”, ia melepaskan pola makan vegan saat mencoba sepotong ikan segar di sebuah restoran di Islandia.
"Saya memiliki sepotong salmon dan otak saya terasa seperti komputer yang melakukan boot ulang," ungkapnya pada majalah Tatler. Sejak itu, dia memasukkan kembali daging, susu, dan telur ke dalam pola makannya sehari-hari.

5. Zooey Deschanel

5 Selebriti Hollywood yang Berhenti Mengikuti Gaya Hidup Vegan (93982)
Zooey Deschanel. Foto: AFP
Aktris ini mengatakan pola makan vegan hampir tidak mungkin ia ikuti karena kepekaannya terhadap makanan yang lain. Setelah menjalankan vegan selama 6 bulan, ia kembali ke pola makan biasa.
ADVERTISEMENT
“Saya memiliki banyak kepekaan terhadap makanan --tidak bisa makan gandum atau kedelai. Dengan ini, sangat sulit untuk makan dan mendapatkan kalori yang cukup. Bahkan tidak mungkin makan di restoran vegan," ungkap Zooey Deschanel kepada majalah Health.
Reporter: Natashia Loi